20 Koperasi di Kab Blitar Resmi Dibubarkan

0
123
Koperasi
Lambang Koperasi

Info Blitar – Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Blitar Indra Gunawan mengatakan dari total jumlah koperasi yang ada di Kabupaten Blitar sebanyak 950 koperasi, memasuki pertengahan tahun 2017 ini sudah ada sekitar 20 koperasi yang resmi dibubarkan pemerintah pusat.

Menurut Indra koperasi itu tidak aktif meskipun sudah diingatkan untuk mengaktifkan koperasinya. “Dua puluh koperasi itu tidak bisa memenuhi anggaran dasar dan rumah tangganya. Selain itu beberapa koperasi dinyatakan telah melanggar ketertiban umum dan ada permasalahan di koperasi yang menyebabkan kalangsungan hidup tidak bisa berjalan,” ungkap Indra. Selain itu ke 20 koperasi itu juga sudah tidak pernah melaksankan Rapat Anggota Tahunan atau RAT yang menjadi syarat utama suatu koperasi dinyatakan aktif.

Baca juga  Seorang Pria Ditemukan Meninggal di Sungai, Diduga Karena Epilespi Kambuh

Indra mengaku ke 20 koperasi yang telah dibubarkan tidak bisa lagi melakukan kegiatan koperasi apapun dan jika masih melaksanakan maka kegiatan itu dianggap illegal. Indra menambahkan koperasi yang dibubarkan menyebar diseluruh wilayah Kabupaten Blitar paling banyak ada di Kecamatan Sanankulon dan Kecamatan Wlingi.(Diskominfo)