2017 SMAN 2 Kota Blitar Targetkan Penghargaan Adiwiyata Mandiri

0
356
Adiwiyata
Ilustrasi Adiwiyata. Foto dari Deddy

Info Blitar  – SMA Negeri 2 Kota Blitar telah menerima penghargaan, sebagai sekolah Adiwiyata tingkat nasional. Lembaga sekolah yang berada di Jalan Ciliwung Kota Blitar ini telah menerima penghargaan Adiwiyata tingkat nasional pada tahun 2015 lalu. Selama dua tahun berikutnya mempertahankan prestasi yang telah diraih, dan tahun 2017 ini menargetkan untuk naik satu tingkat lagi, dengan meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri.

Hal ini disampaikan Drs. Johan Edy Prastiwo, M.Pd Kepala SMA Negeri 2 Kota Blitar pada Selasa (07/03), menurutnya bahwa menjelang penilaian tingkat nasional menuju Adiwiyata Mandiri, telah mempersiapkan diri. Sehingga ketika tim penilai datang, sudah siap. Diantara yang telah disiapkan, mempertahankan budaya sesuai kebijakan untuk selalu peduli terhadap lingkungan. Terkait dengan lingkungan, di SMA Negeri 2 Kota Blitar memang getol dengan pendidikan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup atau PPLH. Terkait dengan Adiwiyata ada beberapa hal yang masuk dalam penilaian. Diantaranya, kebijakan pendidikan peduli lingkungan hidup, sehingga ada kurikulum yang mengarah pada kepedulian terhadap lingkungan hidup. Partisipasi warga sekolah, baik pendidik maupun peserta didik selalu peduli terhadap pendidikan lingkungan hidup, serta sarana prasarana pendukung yang ramah lingkungan.

Baca juga  Pendidikan Bela Negara di Kota Blitar Perlu Banyak Perbaikan

Johan menambahkan, untuk menuju Adiwiyata Mandiri, ada persyaratan untuk bisa membina sedikitnya ada 10 lembaga sekolah yang belum Adiwiyata, menjadi Adiwiyata Kota Blitar. Persyaratan untuk memenuhi itu telah dibuktikan. Bahkan lembaga sekolah yang telah dibina dan menunjukkan prestasi lebih dari 10 lembaga.(der)