Blanko E KTP yang Tersedia Belum Memenuhi Kebutuhan

0
251
Blanko eKTP Habis
Foto ilustrasi dari bekasiurbancity

Info Blitar – Kepala Dispendukcapil Kab Blitar, EKo Budi Winarso mengatakan jika sebelumnya pihaknya memprediksi 10 ribu keping eKTP yang baru saja datang akan habis dalam 10 hari kerja, ternyata setelah disesuaikan dengan kemampuan alat cetak (printer) waktu cetak lebih lama.

Menurutnya, dari 5 printer yang ada, 4 yang dapat difungsikan & dari 4 printer hanya akan digunakan 2 printer dalam 1 hari kerja, sedangkan 2 printer lainnya akan dijadikan cadangan & digunakan untuk hari selanjutnya. Dengan 2 printer yang difungsikan maka dalam 1 hari dapat mencetak 200 keping EKTP karena satu #printer berkemampuan maksimal mencetak 100 keping.

Eko mengaku 10 ribu keping akan habis dalam waktu 2 bulan setelah pencetakan dimulai. Pencetakan dimulai pada 22 Mei & diprioritaskan bagi pemilik Suket (surat keterangan). Pihaknya berharap sebelum 2 bulan pencetakan 10 ribu keping e – KTP selesai, pemerintah sudah mendistribusikan 10 ribu keping e-KTP tahap kedua karena kebutuhan cetak e-KTP di kab Blitar sebanyak 61 ribu keping.

Sekretaris Dispendukcapil Kota Blitar, Sugeng Wiyono mengatakan meski blankoEKTP sudah tersedia & pembenahan server sudah selesai, namun tidak semua e-KTP yang sudah terekam bisa dicetak karena pihaknya hanya bisa mencetak e-KTP yang direkam pada tahun 2016.

Baca juga  Kebakaran Rumah di Gendekan Wonodadi, 4 Motor dan 1 Tosa Ludes

Kata Sugeng, perekaman EKTP yang dilaksanakan mulai Januari 2017 sampai saat ini tidak bisa dicetak karena data masih mengendap pada data server pusat. Untuk mengurangi pekerjaan percetakan e-KTP, saat ini pihaknya hanya mencetak e-KTP yang direkam sejak Oktober 2016 lalu. Sampai saat ini Dispendukcapil Kota Blitar tetap menerbitkan Suket untuk warga yang belum bisa mendapatkan e-KTP karena kendala pencetakan.

Di postingan kami sebelumnya, Dispendukcapil Kota Blitar mendapatkan 4 ribu lebih blanko e-KTP yang sudah tidak tersedia sejak Oktober 2016. Blanko e-KTP yang sudah tersedia tersebut masih kurang dibandingkan jumlah e-KTP yang belum tercetak. Menurutnya, 4 ribu keping e-KTP diperkirakan hanya mencukupi untuk percetakan maksimal 1,5 bulan mendatang karena mobilitas masyarakat untuk mencetak e-KTP terus bertambah. Pihaknya sampai saat ini masih menunggu informasi tambahan blanko e-KTP dari Pemerintah Pusat. Dispendukcapil Kota Blitar berharap segera ada tambahan blanko e-KTP di Kota Blitar agar mencukupi untuk percetakan semua e-KTP yang sudah terekam. [nit-apr]