Bupati Menghimbau Masyarakat Laporkan Pungutan Liar ke Pihak Berwajib / Saber Pungli

0
277
Pungutan Liar
foto ilustrasi pelayanan adminduk, dari suaramerdeka

Info Blitar –┬áBupati Blitar, Rijanto mengatakan adanya 2 Kepala Desa di Kab Blitar yang tertangkap tangan melakukan pungutan liar (pungli) terhadap pelayanan masyarakat diindikasikan masih banyak terdapat praktik pungli secara tidak langsung yang dirasakan masyarakat.

Menurutnya, masyarakat perlu memahami jika pelayanan terhadap masyarakat khususnya di desa gratis & tidak dipungut biaya, seperti pelayanan adminduk (administrasi kependudukan), pelayanan tanah, pelayanan nikah & lain sebagainya.

Kata Bupati, masyarakat harus segera melaporkan kepada pihak yang berwajib atau Tim Saber Pungli (Sapu Bersih Pungutan Liar) di Kepolisian jika menjadi korban pungli.
Saat ini diakuinya banyak masyarakat yang terbiasa dengan praktik pungli & menganggapnya sebagai budaya yang sudah dilakukan sejak lama sehingga meskipun merugikan mereka, mereka enggan melapor.

Baca juga  Gudang Penggilingan Jagung Terbakar, Pemilik Rugi Ratusan Juta

Selain menghimbau masyarakat aktif melaporkan pungli, kata Bupati, Pemkab Blitar juga terus mensosialisasikan kepada para pejabat untuk tidak melakukan pungli terhadap pelayanan masyarakat. [nit]