Curah Hujan Tinggi Picu Timbulnya Berbagai Penyakit Pada Ikan

0
276
Ikan Koi
Ilustrasi Budidaya Ikan Koi. Foto dari Sipendik

Info Blitar – Curah hujan cukup tinggi menyebabkan kelembapan suhu air meningkat. Berpotensi menimbulkan berbagai penyakit yang menyerang pada ikan, salah satunya penyakit Motil Aeromonas Septicemia (Aeromonas Hydrophila). Saat ini tengah menyerang ikan dan benih ikan milik petani Kecamatan Sananwetan.

Ir. Riyanto, Kepala Bidang Ketahanan Pangan dan Perikanan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Blitar pada Kamis (23/02), mengaku bahwa sudah membentuk satu tim, yang bertugas melakukan pemantauan terhadap sejumlah ikan-ikan di Kota Blitar, baik ikan komsumsi maupun ikan hias. Setelah ada laporan dari petani ikan di wilayah Kecamatan Sananwetan. Tepatnya di Kelurahan Rembang, ditemukan benih ikan koi di kolam pedederan terserang penyakit, dengan gejala klinis, pagi hari benih ikan koi sehat suka makan, tapi menginjak sore ikan berenang di pinggir kolam menempel di dinding kolam dan keesokan harinya mati. Selain itu juga ada laporan dari petani ikan di Kelurahan Bendogerit, benih ikan lele mengalami luka pembengkakan, bahkan ada yang mengelupas hingga merah, ikan menggantung dipermukaan dan tidak nafsu makan.

Baca juga  Terekam CCTV, Pencuri Helm Berhasil Ditangkap

Menurut Riyanto, dimusim penghujan ini, petani ikan memang harus mengurangi ketinggian air dan meningkatkan pembersihan lingkungan kolam. Disarankan air yang berada dibawah kolam yang banyak mengandung amoniak harus sering mengganti. Selain itu juga memberikan antibiotic alami, bisa diberikan melalui pakan yang dicampur dengan kunyit.(ram)