Diklatpim, Harapkan Inovasi dan Peningkatan Kualitas ASN

0
194
Diklatpim
Diklatpim

Info Blitar – Aparatur Sipil Negara (ASN) dihadapkan pada tantangan bukan saja bersifat lokal namun juga global. Ini harus diantisipasi dan ada penyelesaian yang konkrit. Satu diantaranya dengan peningkatan kualitas ASN. Hal ini antara lain dilakukan dengan mengadakan Diklat Kepemimpinan. Dengan Diklatpim ini diharapkan ada inovasi, kompetensi dan integritas sebagai abdi negara, pamong praja. Hal ini disamapikan oleh Kepala Bidang Kompetensi Fungsional dan Sosial Kultural Badan Diklat Provinsi Jatim, Dr.Sucipto, SH.M.Si pada upacara pembukaan Diklatpim IV Angkatan 131 Tahun 2017 Pemerintah Provinsi Jawa Timur di Kabupaten Blitar, Selasa (7/3).

Dr.Sucipto, SH.M.Si juga menyampaikan bahwa, tujuan dari Diklatpim sebagai penguatan otonomi daerah yang bermuara pada pelayanan publik yang prima dan paripurna (service leadership). Pelayanan prima harus terdapat unsur 3 U bagi orang Jawa yakni, ulah pikir, ulah rasa dan ulah raga. Ketiganya harus bersinergis. 3 S yaitu sapa, senyum dan salam juga harus diaplikasikan dalam pelayanan terhadap publik. Diharapkan pula, birokrasi harus handal dengan memegang kunci 5 T yakni, tangap, tanggon (memetauhi aturan yang berlaku), tanggungjawab, transparan, tumatha ( kinerja yang bisa diukur). Untuk itu, ASN harus berbasis kinerja. Diakhir sambutannya, Dr.Sucipto, SH.M.Si mengingatkan, dengan pola baru Diklatpim atau yang lebih dikenal dengan learning product, harus memunculkan pemimpin-pemimpin perubahan yang mampu melakukan inovasi. Dan inovasi harus diaplikasikan di lingkungan kerja masing-masing. Jika inovasi sudah diterapkan, harapannya, pelayanan publik semakin maksimal.

Baca juga  E-KTP Seumur Hidup, Masih Banyak Warga Blitar yang Belum Paham

Sementara itu, Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar, Drs. Totok Subihandono, M.Si saat membacakan sambutan Bupati Blitar mengungkapkan, Diklatpim IV pola baru yang diikuti merupakan salah satu tahapan pengembangan kualitas aparatur, untuk mewujudkan pemenuhan kompetensi jabatan struktural. Sehingga diharapkan, implikasi dari Diklat ini akan membawa efek sinergis yang lebih riil bagi peningkatan kinerja para pejabat pemerintah. Mereka lebih mempunyai wawasan, pengetahuan, dan pembentukan sikap mental (caracter building). Harapannya, para peserta Diklatpim bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik.

Sebelumnya, Kepala BKPSDM Kabupaten Blitar, A.Lazim SE, MM menyampaikan, peserta Diklatpim berjumlah 40 orang. Ini terdiri dari Dinas 7 peserta, Badan 3 peserta, Bagian 1 peserta, UPTD Puskesmas sebanyak 8 peserta, UPTD Pendidikan 3 peserta, UPTD PPKB P3A 3 peserta, Kecamatan 6 peserta dan dari Kelurahan 3 peserta. Harapannya, Diklatpim ini mampu mencetak pemimpin yang inovatif, mempunyai ide brilliant untuk memberikan pelayanan kepada publik, membangun daerah Kabupaten Blitar lebih sejahtera, maju dan berdaya saing.(Humas)