Jelang Natal & Tahun Baru Harga Cabai Naik

0
455
Harga Cabai Naik
foto ilustrasi, dari pojokjabar

Info Blitar – Endang, satu di antara pedagang di Pasar Sumberingin Sanankulon mengatakan dalam 3 hari terakhir komoditas cabai mengalami kenaikan cukup signifikan, mulai dari cabai merah besar dari sebelumnya pada Minggu Rp 32 ribu, kemarin naik menjadi Rp 40 ribu per kilogram. Sedangkan untuk cabai rawit dari sebelumnya hanya Rp 45 ribu naik sampai Rp 55 ribu per kilogram.

Menurutnya, kenaikan cukup tinggi hanya dalam waktu beberapa hari saja karena meningkatnya permintaan pasar terhadap cabai dalam perayaan Natal & jelang Tahun Baru.

Kepala Disperindag Kab Blitar, Molan mengatakan kenaikan terjadi karena permintaan yang meningkat sedangkan saat ini masih banyak daerah yang mengalami gagal panen karena cuaca yang buruk.

Baca juga  Proses Pembangunan Jembatan Kaliklatak Ambrol Karena Terjangan Banjir

Kata dia, kenaikan ini tidak akan terjadi dalam waktu yang lama karena bertepatan dengan perayaan Natal & Tahun Baru. Selain itu menurutnya, dari tahun ke tahun setiap jelang Natal & Tahun Baru atau hari besar pasti terjadi kenaikan harga komoditas bahan pokok. Saat ini pihaknya terus melakukan pemantauan di pasar-pasar tradisional untuk harga komoditas barang pokok selama Natal & jelang Tahun Baru ini. [foto ilustrasi, dari pojokjabar. -nit]