Kelompok Kesenian Resmi dan Terdaftar Dapat Fasilitas dari Disparsenibud

0
207
Andreas Edison.Kasi Seni dan Budaya Disparsebud
Andreas Edison.Kasi Seni dan Budaya Disparsebud

Info Blitar – Agar dapat masuk dalam pembinaan pemerintah, kelompok-kelompok kesenian di Kota Blitar harus terdaftar dan mendapatkan nomor induk dari Disparsenibud. Hal ini wajib dilakukan apabia dari setiap kelompok seni itu ingin memperoleh ruang berkesenian yang di fasilitasi oleh pemerintah.

Andreas Edison Kepala Seksi Seni dan Budaya Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar pada Kamis (16/02), mengatakan bahwa Pemerintah Kota Blitar melalui Disparsebud selalu berupaya untuk membangkitkan semua kesenian yang ada di Kota Blitar. Tentunya melalui kelompok seni yang resmi dan telah terdaftar sebelumnya sehingga sudah mendapatkan nomor induk kesenian. Menurut Andreas, nomor induk kesenian sangat penting dimiliki oleh setiap kelompok seni agar mempermudah dalam melakukan monitoring dan pembinaan kepada masyarakat yang masuk ke dalam kelompok seni itu. Semisal dengan memberikan jadwal tampil pada pementasan rutin yang di gelar oleh Disparsenibud maupun pentas pada agenda resmi Pemerintah Kota Blitar. Andreas mengaku, masih ada beberapa kelompok seni yang belum masuk pembinaan dari pemerintah karena memang hingga saat ini belum mendaftarkan nomor induknya ke Disparsenibud.

Baca juga  Pagelaran Pencak Dor di Nglegok

Andreas menambahkan, setiap tahun banyak agenda dan jadwal kesenian yang bisa digunakan untuk memfasilitasi semua kelompok kesenian di Kota Blitar. Namun hal itu juga tentu harus disesuaikan dengan keterbatasan anggaran yang ada.(sar)