Kemenag Kab Blitar: Laksanakan Rukyatul Hilal di Pantai Serang Jumat 26 Mei 2017

0
183
Rukyatul Hilal
Tampak Penyelenggara Syariah Kementerian Agama Kota Blitar mencoba melihat hilal. (moza) 2014 sumber: kemenag jatim

Info Blitar – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kab Blitar, Suhadi mengatakan sesuai arahan Kemenag RI dan Kantor Wilayah Jawa Timur, Rukyatul Hilal untuk menentukan awal Ramadhan dan awal Syawal 1438 Hijriah dilaksanakan di Pantai Serang Panggungrejo.

Untuk penentuan 1 Ramadhan akan dilaksanakan Jumat 26 Mei 2017, sehingga 1 Ramadhan akan jatuh antara 27 Mei atau 28 Mei 2017.

Menurutnya, Pantai Serang merupakan salah satu lokasi Rukyatu lHilal yang dijadikan dasar Sidang Isbat Pemerintah Indonesia. Selain kab Blitar, wilayah lain seperti Jombang, Kediri, Trenggalek, Tulungagung dan Nganjuk juga melakukan Rukyatul Hilal di Pantai Serang.

Kata Suhadi, pihaknya bersama dengan jajaran Tim Hisab Rukyat atau BHR dan instansi lainnya telah melakukan koordinasi dan memastikan jika Pantai Serang siap untuk melaksanakan Rukyatul Hilal penentuan awal Ramadhan.

Baca juga  Pusat Kepengurusan Surat Pernyataan Miskin (SPM) akan Pindah Ke Dinas Sosial

Untuk penentuan 1 Ramadhan, Rukyatul Hilal akan dilaksanakan di bibir Pantai Serang, sedangkan untuk 1 Syawal nanti akan dilakukan di bukit samping Pantai Serang. [nit]