Kota Blitar segera Wujukan (Perda) tentang Perlindungan Satwa dan Penebangan Pohon

0
133
Penebangan Pohon
Ilustrasi Penebangan Pohon tanpa Menanam Bibit yang Baru. Foto dari scrolldoll

Info Blitar – Kota Blitar akan segera mewujukan Peraturan Daerah (Perda) tentang Perlindungan Satwa dan Penebangan Pohon. Peraturan ini perlu segera diwujudkan, agar tidak terjadi adanya perburuan satwa dan penebangan pohon secara liar.

Hal ini disampaikan Agus Junaidi, Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Blitar pada Rabu (08/03), menurutnya bahwa DPRD Kota Blitar bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait Pemerintah Kota Blitar perlu segera mewujudkan Perda tentang Perlindungan Satwa dan Penebangan Pohon, karena ini merupakan suatu kebutuhan yang mendesak. Saat ini sering terjadi pemburuan atau penangkapan burung secara liar. Bahkan ada sebagian warga yang menjaring burung. Dengan perilaku yang tidak bagus ini, jika dibiarkan akan dapat merusak ekosistem di Kota Blitar.

Baca juga  Pemkot Blitar Target 3 Proyek Fisik Kota Blitar Selesai 2017

Agus menambahkan, agar tidak terlanjur rusak, perlu adanya pencegahan. Untuk itu perlu segera diselesaikan dan dilaksanakan perda yang dimaksud. Sehingga di Kota Blitar bebas dari penangkapan burung dan satwa yang lainnya, serta tidak terjadi penebangan pohon secara liar. Jika perdanya sudah ada, akan diberlakukan di semua wilayah di Kota Blitar. Dalam perda nanti juga ada sanksi-sanksi jika melakukan tindakan yang melanggar. Entah itu sanksi denda atau kurungan, nanti akan diatur dalam Perda.(der)