Minimalisir Penipuan Travel Umroh, Kemenag Beri Persyaratan Khusus

0
287
Paspor Umroh
Ilustrasi dari kabarjatim

Info Blitar – Humas Kementerian Agama (Kemenag) Kab Blitar, Jamil Mashadi mengakui selama ini untuk pengurusan paspor umroh dan haji plus di Kantor Imigrasi Blitar cukup dengan surat rekomendasi dari travel umroh atau penyelenggara. Namun akhirnya banyak ditemukan penipuan travel dan dimanfaatkan para tenaga kerja Indonesia (TKI) non-prosedural.

Sehingga mulai Maret 2017, harus ada rekomendasi dari Kemenag bagi calon peserta umroh dan haji plus yang mengurus paspor. Untuk meminimalkan terjadinya penipuan travel umroh, pihak Kemenag memberikan persyaratan khusus dengan menyertakan surat atau ijin biro travel umroh.

Jika memang benar tercatat di Kemenag, maka akan mendapat rekomendasi dan jika tidak tercatat maka Kemenag tidak akan mengeluarkan rekomendasi dan otomatis tidak dapat mengurus paspor di Kantor Imigrasi.

Baca juga  Seorang Pria Meninggal Dunia Setelah Tersengat Listrik dan Jatuh Saat Pasang Terop

Kata Jamil, rekomendasi dari Kementerian Agama sebenarnya merupakan program dari Kantor Imigrasi tetapi sangat menguntungkan Kemenag karena bisa untuk memantau jumlah jamaah umroh dan juga travel penyelenggara ibadah umroh. [nit]