Pasca Calon TKI Dianiaya, Pemkab Tingkatkan Sosialisasi Pemilihan PJTKI

0
213
PJTKI
Ilustrasi

Info Blitar – Pelaksana Tugas Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Blitar Miftahudin mengatakan, kasus kaburnya dua calon tenaga kerja di desa Wonorejo Kecamatan Talun Kabupaten Blitar yang dikarenakan mengalami kekerasan itu berarti menunjukkan masih banyak masyarakat yang belum mengetahui penampungan jasa penyalur tenaga kerja atau PJ TKI yang sesuai prosedur dan legal.

Miftahudin mengaku, selama ini pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat cara menjadi TKI yang legal melalui pihak RT/RW Kelurahan dan sosialisasi ke media untuk para calon tenaga kerja. Pasca kasus itu pihaknya akan menghimbau kepada pihak RT/RW Kelurahan dan tokoh masyarakat untuk meningkatkan sosialisasi agar kejadian kekerasan calon tenaga kerja tidak terulang lagi.

Baca juga  Pelanggaran Operasi Zebra 2016 Menurun

Selain itu menurut nya saat ini memang banyak masyarakat yang nekat menjadi TKI non prosedural, dengan alasan usia atau persyaratan yang belum memenuhi jika menempuh jalur legal atau resmi.

Miftahudin menambahkan animo masyarakat kabupaten Blitar untuk menjadi TKI atau TKW masih cukup besar dan pihaknya akan berupaya maksimal agar masyarakat terhindar dari penipuan atau kekerasan oknum-oknum yang mengaku sebagai PJ TKI. .(RIZ-Diskominfo)