Pelantikan TP PKK dan Bunda PAUD: Tingkatkan Kinerja Menuju Keluarga Sejahtera

0
148
Pelantikan TP PKK dan Bunda PAUD
Pelantikan TP PKK dan Bunda PAUD Kabupaten Blitar

Info Blitar – Ketua TP PKK Kabupaten Blitar, Ny.Hj.Ninik Rijanto mengukuhkan Ketua TP PKK dan Bunda PAUD tiga kecamatan yang ada di Kabupaten Blitar. Masing-masing Ketua TP PKK dan Bunda PAUD Kecamatan Bakung, Ketua TP PKK dan Bunda PAUD Kecamatan Kesamben, serta Ketua TP PKK dan Bunda PAUD Kecamatan Gandusari. Pengukuhan yang dihadiri oleh Pengurus TP PKK se-Kabupaten Blitar, beberapa Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Blitar serta seluruh Camat tersebut digelar di Pendopo Agung Ronggo Hadinegoro, Selasa (28/1). Ny.Hj.Ninik Rijanto mengucapkan selamat bagi Ketua TP PKK Kecamatan dan Bunda PAUD yang baru saja dilantik. Dalam sambutannya, Ketua TP PKK Kabupaten Blitar ini menyampaikan, tugas sebagai istri Camat sekaligus Ketua TP PKK Kecamatan sangat berat. Sebagai istri harus mendorong dan memberi semangat kepada suami dalam melaksanakan tugas. Namun tidak diperbolehkan mencampuri urusan pemerintahan.

Disampaikan pula, sesuai dengan fungsinya, TP PKK berusaha mewujudkan kesejahteraan keluarga, memperbaiki, membina serta meningkatkan tata kehidupan dan penghidupan keluarga. Untuk itu, diharapkan TP PKK Kecamatan bekerjasama maksimal dengan TP PKK Desa/Kelurahan. Ini juga dalam rangka pelaksanaan revitalisasi dan optimalisasi keberadaan kader PKK dan kader Dasa Wisma yang ada di setiap desa/kelurahan sebagai langkah deteksi dini terhadap gejala yang mengakibatkan terjadinya angka kematian ibu melahirkan dan angka kematian bayi. Jika melihat gejala ini diharapkan segera menghubungi bidan desa/kelurahan terdekat.

Ny.Hj.Ninik Rijanto juga mengungkapkan, TP PKK Kabupaten Blitar harus mendukung pencanangan Taman Posyandu 10.000 di desa/kelurahan oleh Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur. Diharapkan di satu desa/kelurahan terdapat percontohan Taman Posyandu yang dipadukan dengan PAUD, BKB dan Lumbung Tutur. Ini juga dalam rangka mendukung tumbuh kembang anak. Dihadapan undangan yang hadir disampaikan pula, Bupati Blitar mencanangkan Kabupaten Sehat. Bagi kecamatan percontohan Kecamatan Sehat harus melakukan koordinasi dengan instansi terkait. Sedangkan bagi kecamatan yang belum terpilih sebagai percontohan Kecamatan Sehat harus tetap melaksanakan Program Sehat dan Desa Sehat. Ini untuk mewujudkan Kabupaten Blitar Sehat Tahun 2017.

Baca juga  Epilepsi Kambuh, Seorang Pria Jatuh dari Pohon Mahoni

Diakhir sambutannya, Ketua TP PKK Kabupaten Blitar menegaskan bahwa, kegiatan PKK Kabupaten Blitar mulai aktif kembali. Pada bulan Pebruari 2017, TP PKK Kabupaten Blitar mengikuti Lomba Bersih Sehat (LBS) Tingkat Provinsi Jawa Timur. Hasilnya, Kabupaten Blitar meraih juara II. Diharapkan, seluruh Ketua TP PKK Kecamatan meningkatkan kinerja. Sehingga lomba yang belum meraih penghargaan seperti lomba penanggulangan KDRT, KLA dan lomba administrasi PKK mendapatkan penghargaan pada Tahun 2017/2018.

Seperti diketahui, pengukuhan Ketua TP PKK dan Bunda PAUD tiga kecamatan yang ada di Kabupaten Blitar ditandai dengan penandatanganan naskah serah terima jabatan serta pemasangan selempang Bunda PAUD oleh Bunda PAUD Kabupaten Blitar. Selain itu, juga penyerahan buku memori, termasuk tali asih bagi Ketua TP PKK Kecamatan yang purna tugas.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Desa, Mujianto saat membacakan sambutan Bupati Blitar menyampaikan, untuk meningkatkan kualitas kerja di tingkat kecamatan dan mempercepat akses pelayanan PKK, peran PKK harus ditingkatkan diberbagai bidang. Ini seperti dibidang kesehatan, pendidikan, pembinaan keluarga dan menggalakkan 10 program PKK. Saat ini, Satuan Gerak PKK dirasakan meningkat pada pelayanan Posyandu balita dan lansia. Namun yang terpenting dari program PKK tersebut, adalah program yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat atau keluarga miskin.(Humas)