Pemkab Blitar Berencana Turunkan Tarif Pajak PBB P2

0
184
PBB P2
Ilustrasi PBB P2

Info Blitar – Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Blitar Ismuni menjelaskan, tarif Pajak Bumi Bangunan Pedesaan Perkotaan (PBB-P2) di Kabupaten Blitar saat ini sebesar 0.1%, 0.2% dan 0.3% dari Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) dinilai masih terlalu tinggi.

Ismuni mengaku, Pemerintah Kabupaten Blitar sudah merencanakan perubahan tarif tersebut melalui Peraturan Daerah. Menurut Ismuni, tarif pajak akan diturunkan dan NJOP akan dinaikkan, maka dengan begitu akan meningkatkan potensi pajak yang ada di Kabupaten Blitar.

Ismuni mengaku, saat ini Ranperda tentang pendapatan daerah tengah diproses di Legislatif dan jika regulasi itu disetujui maka tarif pajak Kabupaten Blitar tahun 2018 dimungkinkan akan berubah atau turun, dan tidak terlalu membebani masyarakat yang kurang mampu.

Baca juga  Sebab Kematian Belum Jelas, Jenazah TKW Asal Kanigoro Masih Diotopsi di Hong Kong

Ismuni menambahkan, diharapkan dengan penurunan tarif pajak akan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membayar pajak, terutama PBB-P2 sehingga bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Blitar.(RIZ- Diskominfo)