Pemkab Blitar Raih Pengahargaan Pembina K3 Tingkat Provinsi

0
150
Bupati dan Wakil Bupati Membawa Sertifikat K3
Bupati dan Wakil Bupati Membawa Sertifikat K3

Info Blitar – Untuk kesekian kalinya, Pemerintah Kabupaten Blitar meraih penghargaan gelar Ketenagakerjaan Tahun 2017 kategori Kabupaten Pembina K3 (Zero Accident) Tingkat Provinsi Jawa Timur. Penghargaan yang diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Timur, H.Soekarwo di Jatim Expo Surabaya, Selasa, 21 Pebruari 2017 tersebut di terima oleh Bupati Blitar, Drs. H.Rijanto, MM. Penghargaan ini sebagai bentuk keberhasilan kepala daerah dalam melaksanakan program Pembinaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) kepada perusahaan.

Bupati Blitar menyampaikan apresiasi kepada semua pihak terutama bagi perusahaan yang ada di Kabupaten Blitar yang telah menerapkan K3 di perusahaannya masing-masing. Meski diakui, masih ada perusahaan yang harus membenahi sarana dan prasarana serta SDMnya. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Blitar melalui Dinas Tenaga Kerja akan terus melakukan pembinaan dan pendampingan. Harapannya, kedepan makin banyak perusahaan di kabupaten ini yang mendapatkan penghargaan K3 (zero accident).

Program keselamatan K3 merupakan salah satu aspek perlindungan ketenagakerjaan dan merupakan hak dasar dari setiap tenaga kerja. Oleh karena itu, dalam kondisi apapun, K3 wajib untuk dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan standar yang berlaku. Baik standar nasional maupun internasional. Maksud dan tujuan pemberian penghargaan ini adalah untuk lebih membudayakan K3 pada perusahaan di Jawa Timur, sehingga tercipta tempat kerja yang aman, nyaman, sehat dan produktif. Bagi Bupati atau Walikota yang menerima penghargaan sebagai Pembina K3 merupakan upaya pembudayaan K3 perusahaan di wilayahnya, serta usaha untuk meningkatkan motivasi dan komitmen seluruh pimpinan perusahaan di Jatim. Ini juga, untuk meningkatkan budaya K3 guna mendorong produktifitas dan daya saing di pasar intenasional.

Baca juga  Pemerintah Kota Blitar Raih Penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) tahun 2016

Penghargaan Pembina K3 ini selain diterima oleh Kabupaten Blitar juga diterima oleh Kabupaten Gresik, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Tuban, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Jombang dan Kabupaten Bojonegoro. Sementara itu Kabupaten/Kota Pembina LKS Bipartit Perusahaan Besar Tahun 2017 diraih oleh Kota Surabaya dan Kabupaten Malang. Untuk kategori Kabupaten Pembina LKS Bipartit Padat Karya Tahun 2017 yakni Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Madiun. Sedangkan penghargaan pada kategori Kabupaten Pembina Transmigrasi diraih oleh Kabupaten Ngawi, Kabupaten Magetan dan Kabupaten Situbondo. (Humas)