Pemkot Alokasikan Milayaran Rupiah untuk Asuransi Masyarakat Miskin

0
190
BPJS
Ilustrasi BPJS. Foto dari Koranterkini

Info Blitar – Sebelumnya diinformasikan Pemkot Blitar melalui Dinas Kesehatan mengalokasikan sejumlah anggaran pembiayan kesehatan, bagi masyarakat miskin (gakin) pemegang Surat Pernyataan Miskin (SPM). Adapun SPM diterbitkan, karena gakin bersangkutan belum tercover dalam program kemitraan asuransi BPJS, baik yang dibiayai oleh APBN maupun APBD Kota Blitar. Secara otomatis, gakin itu juga akan tercatat sebagai peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) di tahun berikutnya.

Sunarko, S.Sos Kepala Bidang Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Blitar pada Kamis (16/02), mengatakan bahwa tahun lalu peserta PBI Kota Blitar yang dibiayai APBN sekitar 27.217 orang, sementara yang dibiayai APBD Kota Blitar sejumlah 13.139 orang. Namun selama 2016 masih ada gakin yang belum menerima fasilitas pelayanan kesehatan secara gratis, hingga akhirnya mengajukan SPM. Untuk itulah tahun 2017 ini, Dinkes menganggarkan dana sekitar Rp. 3,838 M, guna pembiayaan kemitraan asuransi yakni program BPJS.

Baca juga  Stok Pupuk Kabupaten Blitar Cukup sampai Akhir 2017

Sunarko berharap, seluruh gakin Kota Blitar, mampu tercover dalam program BPJS, sehingga jumlah pengajuan dan penerbitan SPM tahun ini menurun.(ram)