Pengawasan Ekstra di Pilkades Serentak

0
335
Pilkades Serentak
Pilkades Serentak foto ilustrasi, dari merdeka

Info Blitar – Meski dinilai tidak rawan konflik, 8 desa di 4 kecamatan peserta Pilkades Serentak 2016 Kab Blitar tetap mendapat pengawasan ekstra.

Kabid Pemerintahan Pemkab Blitar, Suhendro Winarso mengatakan pengawasan mendalam dilakukan karena lokasi 4 desa terbukti berada di pelosok perbukitan & jauh dari pusat pemerintahan. Selain itu menurutnya, rata2 warga yg ada di 4 desa itu diduga berfikiran primitif sehingga diduga rawan terjadi praktik money politics & kampanye hitam antara lain desa Selorejo & Pohgajih, juga desa Maron & Wonorejo Srengat.

Kata dia, 4 desa juga masuk pengawasan khusus karena tergolong desa maju & lokasinya sangat strategis serta dekat dengan pusat pemerintahan sehingga persaingan Pilkades di desa ini diduga akan berlangsung keras & melibatkan massa yg banyak sehingga berpotensi terjadi keributan & ketegangan antar pendukung calon Kepala Desa yg akan berlaga. 4 desa itu antara lain desa Jeblog & Jabung Talun serta desa Sanankulon & Bendowulung.

Baca juga  Kadiv PLTA Wlingi Minta Keamanan di Bendungan Jegu Ditingkatkan

Suhendro mengaku secara khusus sudah berkoordinasi dengan Panitia Pemilihan di 8 desa itu termasuk komitmen semua calon untuk melaksanakan Pilkades Damai dengan menandatangani surat pernyataan bermaterai. Pemkab Blitar juga sudah berkoordinasi dengan Polres & Polres Blitar Kota serta Kodim untuk membantu Babinkamtibmas & Babinsa mensosialisasikan Pilkades Aman di 8 desa itu.

Pilkades Serentak 2016 akan berlangsung pada Kamis Wage 15 Desember 2016 & diikuti 21 desa dari 15 kecamatan di kab Blitar. [foto ilustrasi, dari merdeka. -hud]