Penjelasan Pelat Besi yang Ada di Tabung LPG 3 Kg

0
188
Pelat Besi Tabung LGP 3 Kg
Pelat Besi Tambahan pada Gagang Tabung LGP 3 Kg. Foto dari Serambinews

Info Blitar  – Beberapa waktu lalu banyak masyarakat Blitar yang resah dan tak sedikit yang berpikiran negatif tentang adanya pelat besi yang berada di tabung gas. Dari itu pihak Pertamina angkat bicara.

Berikut penjelasan Pertamina mengenai pelat balancer, yang meresahkan masyarakat:

  1. Tabung LPG 3 kg memiliki berat kosong: 5 kg, masa edar tabung LPG 3 kg adalah 5 tahun. Informasi tersebut tertera pada tabung LPG 3 kg.
  2. Apabila masa edar sudah mencapai 5 tahun maka tabung ditarik untuk dilakukan pengetesan ulang dan dilakukan Re Sertifikasi Kelayakan Edar terhadap Tabung LPG 3 kg.
  3. Tabung LPG 3 kg termasuk kategori bejana tekan dan untuk proses re-sertifikasi dilakukan oleh Dinas Tenaga Kerja.
  4. Dinas Tenaga Kerja merupakan instansi yang memiliki kewenangan dalam pengawasan bejana tekan dan mengeluarkan Sertifikasi Kelayakan Edar Tabung
  5. Salah satu tahapan dalam proses pengetesan ulang dan re-sertifikasi bejana tekan, tabung LPG 3 kg kondisi kosong dikalibrasi berat kosongnya. Ada 2 kondisi:
    a. Apabila berat tabung kosong dibawah 5 kg dan d iluar range toleransi maka tabung LPG 3 kg akan di tarik dan tidak diedarkan kembali.
    b. Apabila berat tabung kosong dibawah 5 kg namun masih didalam range maka dilakukan kalibrasi dengan menambahkan plat balancer.Apabila tabung yang sudah dikalibrasi memenuhi ketentuan lainnya yang dipersyaratkan oleh Dinas Tenaga Kerja maka tabung tersebut akan diedarkan kembali selama 5 tahun.
  6. Tabung LPG 3 kg kondisi kosong yang sudah layak edar dan mendapat sertifikasi dari Dinas Tenaga Kerja akan dikirim ke Stasiun Pengisian Bulk Elpiji untuk dilakukan pengisian.
  7. Dengan Tabung LPG 3 kg yangmemiliki berat kosong presisi 5 kg maka proses pengisian LPG ke dalam tabung menjadi lebih akurat dan tidak merugikan Konsumen.
Baca juga  Wanita Paruh Baya Hilang Sejak Februari, Ditemukan Membusuk di Hutan Tepas Kesamben