Polisi Masih Mendalami Keterangan Tersangka Korupsi Workshop Honorer Dinas Pendidikan Kab Blitar

0
183
Korupsi
Korupsi. Ilustrasi dari Okezone

Info Blitar – Unit Tipikor Satreskrim Polres Blitar masih mendalami keterangan dari ke-5 tersangka kasus korupsi workshop honorer K2 Dinas Pendidikan Kab Blitar.

Kapolres Blitar, AKBP Slamet Waloya mengatakan saat ini polisi masih mendalami & mencocokkan keterangan dari 5 tersangka dengan keterangan yang disampaikan saksi-saksi.

Sebelumnya, Polres Blitar telah memeriksa 50 orang saksi & 2 orang ahli hukum pidana sebelum menetapkan status tersangka terhadap 5 orang oknum di Dinas Pendidikan Kab Blitar.

Menurutnya, apabila keterangan dari saksi & tersangka ini sudah sesuai, polisi langsung melakukan pemberkasan. Namun apabila ada keterangan dari para tersangka yang tidak sesuai dengan keterangan saksi, petunjuk & dokumen akan didalami lebih lanjut. Saat ini, ke-5 tersangka belum ditahan karena masih dalam tahap pemberkasan.

Baca juga  Gudang Penggilingan Jagung Terbakar, Pemilik Rugi Ratusan Juta

Kemarin polisi sudah melakukan pemeriksaan terhadap SU yang merupakan tersangka dalam kasus korupsi dugaan pungutan liar atau pungli workshop K2. Pekan lalu, polisi juga sudah memeriksa 4 tersangka lainnya inisial AT, AS, RM & HP.

Tahun 2014 lalu Polres Blitar mendapatkan laporan dari ribuan honorer K2 terkait adanya penyelewengan dana dalam pemungutan biaya workshop yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kab Blitar. Saat itu, para guru honorer ini dipungut uang sebesar Rp 250 ribu mengikuti workshop di Dinas Pendidikan Kab Blitar. Namun ternyata workshop yang dijanjikan kepada para hornorer K2 tidak terealisasi. Diduga uang yang digunakan untuk pembiayaan workshop diselewengkan oleh beberapa oknum di Dinas Pendidikan Kab Blitar.