Polisi Tangkap Dua Tersangka Pemalsuan E-KTP dan SIM

0
299
Tersangka Pemalsuan EKTP
Tersangka Pemalsuan EKTP

Info Blitar – Polisi Resort Blitar Jawa Timur berhasil mengungkap sindikat pemalsuan kartu elektronik KTP dan SIM. KTP dan SIM dijual dengan harga dua ratus ribu rupiah kepada para pemesannya. Dari tangan tersangkat petugas mengamankan satu buah laptop, printer, mesin scanner, kartu e-KTP dan SIM palsu.

Kedua tersangka yang berhasil ditangkap oleh Satreskrim Polres Blitar adalah Ibad (32) dan Ruli (35) warga Sanankulon, Kecamatan Sanankulon, Kabupaten Blitar.

Kedua tersangka mengaku untuk merubah identitas pada E-KTP dan SIM dengan cara dihapus dan ditempel kertas scanner yang berisi identitas baru. Selanjutnya baru dijual seharga 200ribu rupiah.

Kapolres Blitar AKBP Slamet Waluya mengatakan “Kedua tersangkat memperjual-belikan kartu E-KTP dan SIM kepada para pembeli yang memesan datang langsung atau lewat via Telpon”. Pihaknya masih menyelediki apakah kedua tersangka menjual kepada warga di luar Blitar.

Baca juga  Penjambertan di Satriyan Kanigoro, Kalung 10 Gram Raib

Kedua tersangka akan dijerat dengan pasal 262 KUHP tentang pemalsuan dokumen dengan ancaman hukuman diatas lima tahun penjara (mohaji)