Program Bedah Rumah Dapatkan Apresiasi dari Bupati Blitar

0
194
Bedah Rumah
Ilustrasi

Info Blitar – Bupati Blitar, Drs. H.Rijanto, MM yang didampingi beberapa Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Blitar meresmikan secara simbolis rumah warga yang masuk dalam Program Bedah Rumah di Desa Gununggede, Kecamatan Wonotirto, Jumat (19/5). Orang nomor satu di Kabupaten Blitar ini memberikan apresiasi terhadap program tersebut. Ini komitmen dari Pemerintah Kabupaten Blitar untuk memberikan yang terbaik bagi warganya atau dengan kata lain, pemerintah hadir ditengah masyarakat dalam mewujudkan impian mereka mempunyai rumah layak huni. Bupati Blitar berpesan, agar rumah yang telah dibangun, jika masih terdapat kekurangan agar dilengkapi sendiri, dijaga dan dirawat.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Blitar juga berharap, jika jalur Pantai Selatan Jawa (Pansela) dibangun, dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kecamatan Wonotirto. Mengingat, Kecamatan Wonotirto meskipun terletak di bagian selatan Kabupaten Blitar yang notabene memiliki struktur tanah lebih tandus dibanding wilayah utara Kabupaten Blitar, namun memiliki potensi yang bisa untuk mendorong perekonomian. Misalnya, potensi wisata Pantai Tambakrejo, Pantai Pasetran Gondomayit, Pantai Pudak, Pantai Jebring, dan lokasi wisata air terjun. Diharapkan, masyarakat turut mengembangkan potensi wisata tersebut.

Sementara itu, Camat Wonotirto , Dodot Darudono, S.STP, M.AP dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan rumah ini merupakan realisasi dana sosial kelembagaan BKAD Kecamatan Wonotirto Tahun 2016 sebanyak 8 unit. Tiap desa hanya 1 unit yang tersebar di 8 desa se-Kecamatan Wonotirto.Sedangkan pelaksanaannya dimulai pada Bulan April sampai dengan Bulan Mei tahun ini. Menurutnya, kegiatan sosial ini bukan hanya dilaksanakan pada tahun ini saja, namun dana sosial yang dikelolakan BKAD ini sudah direalisasikan sejak Tahun 2009, dengan rincian diantaranya, Tahun 2009 untuk kegiatan bantuan ternak kambing sejumlah 32 ekor, Tahun 2011 untuk kegiatan serupa sejumlah 47 ekor, Tahun 2012 untuk kegiatan bantuan sembako sejumlah 380 paket, Tahun 2014 untuk kegiatan santunan anak yatim sejumlah 375 paket, Tahun 2015 untuk bedah rumah sebanyak 8 unit dengan alokasi dana 42 juta rupiah dan Tahun 2016 yang dilaksanakan Tahun 2017 ini untuk kegiatan bedah rumah sebnayak 8 unit dengan alokasi dana sejumlah 45 juta rupiah. Jadi jumlah total dana sosial yang dikelola BKAD mulai Tahun 2009 sampai dengan Tahun 2016 sebanyak Rp.246.571.000.

Baca juga  Ditemukan Mayat Laki-Laki di Pinggir Rel KA Talun

Dijelaskan pula, BKAD Kecamatan Wonotirto termasuk kategori BKAD paling sehat se-Kabupaten Blitar. Ini dapat dilihat dari perkembangan aset kelembagaan BKAD, yang semula pada Tahun 2001 sebesar Rp.119.789.370, pada Tahun 2017 ini menjadi Rp. 3.129.329.439. Usai peresmian, Bupati Blitar beramah tamah dengan warga Gunuggede.(Humas)