Puluhan Pengajuan Paspor Ditolak Kantor Imigrasi Kelas II Blitar

0
771
Kantor Imigrasi Kelas II Blitar
Kantor Imigrasi Kelas II Blitar. Foto dari Alamat Redaksi

Info Blitar – Banyaknya pengajuan pembuatan paspor kerja maupun berkunjung ke luar negeri yang tidak sesuai dengan prosedur tidak akan dikabulkan oleh pihak Kantor Imigrasi kelas II Blitar.

Hal ini ditegaskan langsung oleh Surya Matara Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Blitar pada Selasa (28/02), dirinya mengatakan bahwa selama bulan Januari hingga akhir Pebruari 2017 ini pihaknya sudah menolak 34 pengajuan pembuatan paspor Warga Negara Indonesia (WNI) yang hendak pergi ke luar negeri. Menurut Surya, pengajuan paspor yang ditolak itu memang tidak sesuai dengan masalah prosedural seperti pemohon tidak dapat melengkapi dokumen administrasi, lalu ada pemohon yang menggunakan data paspor lama padahal Biometrik Making System (BMS) menunjukkan adanya rekaman paspor yang lebih baru kemudian ada pula pemohon yang memberikan data fiktif. Surya mengaku, Kantor Imigrasi memang harus secara selektif dalam mengeluarkan paspor agar tidak disalahgunakan.

Baca juga  Puluhan Warnet di Kabupaten Blitar Belum Memiliki Ijin

Surya menambahkan, langkah pembatalan penerbitan paspor ini juga merupakan upaya pencegahan tindak pidana penyelundupan dan perdagangan manusia yang sering dilakukan oleh calo tenaga kerja indonesia.(sar)