Raih WTP, Bupati Blitar akan Tinkatkan Kerja Keras dan Dedikasi Tinggi

0
96
WTP

Info Blitar – Setelah hampir sembilan tahun menunggu opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Jawa Timur, akhirnya Pemerintah Kabupaten Blitar mendapatkan opini tersebut pada hari Rabu, 31Mei 2017. Opini ini berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah untuk Tahun Anggaran 2016. LHP tersebut diserahkan secara langsung oleh Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Novian Herodwijanto di Ruang Auditorium Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur kepada Bupati Blitar, Drs. H.Rijanto, MM. Dengan opini WTP, menjadi suatu kebanggaan bagi Pemerintah Kabupaten Blitar karena telah bekerja keras untuk mendapatkan opini itu. Mengingat sebelumnya Kabupaten Blitar selalu mendapatkan opini WDP. Hal ini disampaikan oleh Bupati Blitar usai melaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahirnya Pancasila, Kamis (1/6) di Halaman Kantor Bupati Blitar di Kanigoro.

Orang nomor satu di Kabupaten Blitar ini juga mengingatkan, dengan adanya opini WTP dari BPK ini, tugas Pemerintah Kabupaten Blitar semakin berat, sehingga kerja keras, semangat dan dedikasi tinggi tetap diperlukan. Akuntabilitas dan transparansi tetap dikedepankan. Sehingga opini WTP bisa dipertahankan. Mengingat ada beberapa daerah yang semula sudah memperoleh opini WTP kemudian turun menjadi WDP. Menurutnya, hal ini menjadi pengalaman untuk terus bekerja dan bekerja agar opini WTP bisa bertahan.

Baca juga  Bhabinkamtibmas Polsek Binangun Himbau Pelajar yang Berkeliaran Berseragam Sekolah

Seperti diketahui, dalam siaran persnya, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Jawa Timur menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah untuk Tahun Anggaran 2016 kepada 20 kabupaten/kota di wilayah Provinsi Jawa Timur, termasuk kepada Kabupaten Blitar. Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Novian Herodwijanto menyerahkan LHP tersebut kepada masing-masing pimpinan DPRD dan Kepala Daerah yang hadir dalam acara penyerahan LHP.

Dari LHP yang diserahkan pada Rabu, 31 Mei 2017 di Ruang Auditorium Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur , 12 pemerintah daerah berhasil mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), 4 pemerintah daerah berhasil meningkatkan opini dari WDP menjadi WTP, 1 pemerintah daerah tetap memperoleh opini WDP, dan 3 pemerintah daerah mengalami penurunan opini dari sebelumnya WTP menjadi WDP. Rincian opini BPK atas laporan keuangan TA 2016 kepada 20 pemerintah daerah tersebut adalah sebagai berikut:

(Humas)