Info Blitar – Sesuai dengan Perpres No.112 Tahun 2013 bahwa KTP Non Elektronik sudah tidak berlaku lagi sejak 31 Desember 2014. Mulai 1 Januari 2015 penduduk sudah harus menggunakan KTP Elektronik (KTP-el).

“Hal ini begitu penting karena kelak semua pelayanan publik akan berbasis NIK dan KTP-el. KTP itu seperti ‘nyawa’ penduduk, karena segala urusan mulai dari membuat SIM, BPJS, mengurus akta nikah, semua membutuhkan data KTP-el,” ujar Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, (22/8).

Berikut informasi yang diinformasikan oleh kominfo tentang serba-serbi KTP Elektronik.

Keuntungan Menggunakan KTP Elektronik

Keuntungan KTP Elektronik
Keuntungan KTP Elektronik 

Saat ini 92 lembaga pemerintah dan swasta sudah menggunakan data KTP-el dan NIK untuk akses layanan publik. Disamping hal itu, langkah tegas perlu diambil Pemerintah untuk pembaruan database, tentang jati diri penduduk Indonesia, sehingga tidak perlu lagi membuat “KTP Lokal” untuk pengurusan izin, pembukaan rekening bank, dsb.

Baca juga  Pelayanan BPKB Polres Blitar Pindah

KTP Elektronik Berlaku Seumur Hidup

KTP Elektronik Berlaku Seumur Hidup
KTP Elektronik Berlaku Seumur Hidup

KTP-el mencegah kepemilikan KTP ganda/palsu. Data ini jg berguna untuk beragam kepentingan, untuk pelayanan publik & perencanaan pembangunan

Pembuatan KTP Elektronik Gratis dan Mudah

Pengurusan KTP Elektronik Mudah
Pengurusan KTP Elektronik Mudah

Dengan teknologi, Kemendagri memangkas 3 prosedur pembuatan KTP-El. Penduduk yang ingin merekam KTP-El tidak perlu lagi membawa surat pengantar dari RT/RW dan Kelurahan serta akta lahir. “Cukup membawa fotocopy Kartu Keluarga ke Dinas Dukcapil manapun. Bisa diurus dimana saja, tidak harus sesuai domisili penduduk.

Tempat Pembuatan KTP Elektronik Banyak

Banyak Tempat Pembuatan KTP Elektronik
Banyak Tempat Pembuatan KTP Elektronik

Bagi penduduk yang belum melakukan perekaman, Kemendagri memberikan perhatian khusus dan memberikan kemudahan-kemudahan, terlebih saat ini semua data dan titik-titik pelayanan di daerah sudah terkoneksi dengan Data Center (DC) di pusat.

Bagaimana ? Sudah kah anda memiliki KTP Elektronik?