Siswa SMA/SMK Kab Blitar Kesulitan saat Simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)

0
197
Simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)
Ilustrasi Simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Foto dari gunungsitolirri

Info Blitar – Sebagian pelajar SMA/SMK mengaku kesulitan secara teknis saat melaksanaan simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).
Elyana Safitri, satu di antara pelajar SMK Kota Blitar mengaku kesulitan saat melaksanaan simulasi UNBK yang dilaksanakan mulai kemarin.

Ia mengaku kesulitan saat log-in sehingga soal tidak bisa keluar. Selain itu, ia juga kesulitan melakukan entri jawaban. Kata dia, beberapa hal perlu dilakukan perbaikan oleh pihak sekolah di antaranya sistem jaringan yang saat ini masih lambat/lemot. Ia berharap dengan adanya perbaikan dari segi teknis, pelajar bisa lebih percaya diri mengerjakan soal UNBK.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi JawaTimur Wilayah Kab/Kota Blitar, Suhartono mengakui dari hasil monitoring yang dilakukan dalam simulasi UNBK tahap pertama baik di kota maupun di kab Blitar pihaknya menemukan ada beberapa kesalahan teknis yang harus dilakukan perbaikan.

Baca juga  Truk Pengangkut Kayu Terguling di Bence Garum

Selain dari kendala teknis, menurutnya, beberapa siswa terlihat masih gugup dan belum terbiasa dalam mengerjakan soal hingga menghapus jawaban. Kata dia, secara umum persiapan teknis sudah selesai hanya tinggal sebagian lembaga saja yang perlu pembenahan masalah teknis di antaranya soal kelancaran konektivitas internet. Pelaksanaan simulasi UNBK minimal akan dilaksanakan 3 kali untuk melatih siswa mengerjakan soal dengan sistem CBT (computer based test). [apr]