UN SMP di Kab Blitar 2017 Tidak Lagi Jadi Penentu Kelulusan

0
216
Standar Kelulusan SMP
ilustrasi, dari hariansinggalang

Info Blitar – Hasil Ujian Nasional tingkat SMP di kab Blitar tahun 2017 tidak menjadi penentu kelulusan siswa.

Kepala Dinas Pendidikan Kab Blitar, Budi Kusuma mengatakan untuk tahun ini standar kelulusan bagi siswa tingkat SMP sederajat sesuai dengan Permendikbud Nomor 3 Tahun 2017, ada beberapa kriteria standar kelulusan dan hasil ujian nasional tidak termasuk dalam kriteria kelulusan. Menurutnya, kriteria kelulusan tahun ini di antaranya setiap siswa harus menyelesaikan seluruh program pembelajaran, kemudian setiap siswa harus memperoleh nilai sikap atau perilaku yang baik atau tepatnya di atas angka 7, harus lulus ujian sekolah dan ujian sekolah berstandar nasional.

Diakuinya, meski ada kriteria menurut Permendikbud tersebut, setiap lembaga sekolah diperbolehkan menambah kriteria kelulusan seperti penilaian tingkat kehadiran dan nilai rapot serta memastikan nilai ujian nasional bukan menjadi penentu kelulusan.

Baca juga  Puluhan Pengajuan Paspor Ditolak Kantor Imigrasi Kelas II Blitar

Budi menegaskan, meski hasil ujian nasional tidak menjadi penentu kelulusan namun jika ada siswa yang tidak lulus maka wajib mengulang 1 tahun lagi karena tahun ini sudah tidak ada lagi Ujian Nasional Perbaikan. [nit]