Warga Talun Merugi Jutaan Rupiah Percayai Nomor Telepon di Mesin ATM

0
279
Modus Penipuan Nomor Telepon di Mesin ATM
Modus Penipuan Nomor Telepon di Mesin ATM

Info Blitar – Kejahatan dengan modus penipuan di Mesin ATM kali ini terjadi di wilayah Desa Bendosewu Kecamatan Talun Kabupaten Blitar. Korban Wiwik Suryaningsih (36) warga Desa Jabung Kecamatan Talun Kabupaten Blitar melapor ke Polsek Talun Polres Blitar setelah kartu ATM miliknya dibawa kabur 2 orang tak dikenal saat melakukan transaksi tarik tunai di ATM BRI Bendosewu, Senin (06/02).

Kapolsek Talun AKP Subondo mengatakan, kronologi kejadian berawal saat korban melakukan transaksi tarik tunai di ATM BRI Bendosewu Talun Kabupaten Blitar. Namun saat melakukan transaksi, kartu ATM korban tertahan di mesin ATM dan korban menghubungi nomor telepon yang diduga palsu dan tertera di mesin ATM. Korban langsung menghubungi nomor telepon yang dipasang oleh pelaku dan beberapa saat kemudian pelaku datang dan langsung mengambil kartu ATM milik korban dengan cara mencongkel mesin ATM bagian atas.

Baca juga  Evaluasi Kinerja: Membangun Kabupaten Blitar dengan Kebersamaan

Selanjutnya pelaku kabur membawa ATM korban dan korban pun langsung melapor ke Polsek Talun. Setelah dilakukan pengecekan hasil print out uang telah ditarik dan ditransfer ke rekening lain sebesar Rp.6.500.000.

AKP Subondo menambahkan, sebelumnya pada Minggu (05/02) diduga ada 2 orang yang mengendarai sepeda motor matic jenis Honda Vario yang datang ke Mesin ATM BRI Bendosewu. Kedua pelaku diduga telah memasang nomor kontak telepon palsu dan menempel plat besi tipis di lubang masuk kartu ATM dengan harapan apabila ada nasabah yang melakukan tarik tunai menghubungi nomor kontak telpon yang tertera karena kartu ATMnya tertahan. Saat ini polisi masih terus menyelidiki pelaku tersebut. (hmsblt)