Waspada Longsor: 1 Rumah Warga Mojorejo Wates Rusak Akibat Longsor

0
173
Rumah Tertimbun Longsor
Rumah Tertimbun Longsor

Info Blitar – Tingginya curah hujan yang terjadi di Blitar akhir-akhir minggu ini menyebabkan Tebing setinggi 20 meter longsor dan menimpa rumah warga di Ds Mojorejo Kec. Wates Blitar. Akibat bencana tanah longsor itu, 1 unit rumah warga rusak tertimbun material longsoran. Selain itu, puluhan rumah warga di Ds Mojorejo yang berdekatan dengan lokasi longsoran juga terancam.

KSPKT Polsek Wates Polres Blitar Aipda Sabar Supranowo, S.H Kamis malam (9/2) di temui di lokasi mengatakan bencana alam tanah longsor terjadi sekitar pukul 18.00 wib dimana Kec.Wates sejak pukul 13.00 wib dilandai hujan deras menyebabkan tanah longsor yang menimpa 1 unit rumah warga di Ds. Mojorejo Rt 20 RW 2 milik Aminoto (65) Kec. Wates Kab. Blitar.

“Saat ini warga koban tanah longsor mengungsi kerumah tetangga karena rumah mereka rusak, dan takut akan terjadi longsor susulan. Bersyukur kejadian itu tidak sampai menimbulkan korban jiwa dan seluruh penghuni rumah selamat,” kata Sabar Supranowo.

Baca juga  Pemkab Blitar adakan Peringatan Isro' Mi'roj Nabi Muhammad SAW

Menurutnya, peristiwa tanah longsor terjadi sekitar pukul 18.00 wib setelah wilayah Wates diguyur hujan deras selama lebih dari empat jam. Tingginya curah hujan tersebut memicu tebing yang ada di belakang rumah Aminoto labil, sehingga longsor dan menimpa rumahnya. Material longsor berupa tanah dan batu menjebol rumah Aminoto, Proses pembersihan longsor akan di laksanakan ke esok harinya di karenakan hujan masih berlangsung dan kondisi malam hari. Akibat peristiwa tanah longsor ini, korban mengalami kerugian hingga jutaan rupiah.Ka Polsek Wates AKP Mulyanto. S.H mengimbau, warga di Kecamatan Wates untuk meningkatkan kewaspadaan, karena intensitas curah hujan dalam kurun waktu sepekan terakhir cukup tinggi dan ini telah memicu kejadian tanah longsor.

“Utamanya untuk rumah warga yang berada di bawah tebing dan lereng pegunungan harus waspada demi keselamatan bersama,” katanya. (wates/hmsblt)