Belasan Armada Bus Mudik di Kota Blitar di Pasangi Speed Alarm

0
10
ilustrasi pemasangan speed alarm.
ilustrasi pemasangan speed alarm. foto metrotvnewscom

Info Blitar Kasat Lantas Polres Blitar Kota, AKP Yanto Mulyanto mengatakan menekan angka kecelakaan lalu lintas selama arus mudik lebaran 2018 akibat sopir bus yang memacu bus dengan kecepatan tinggi atau ugal – ugalan, mulai kemarin speed-alarm atau pengingat kecepatan dipasang pada belasan dashboard bus armada mudik yang ada di Kota Blitar.

Menurutnya, ini dilakukan agar ketika sopir bus melajukan bus melebihi batas maksimum 80 kilometer per jam, speed-alarm akan berbunyi untuk mengingatkan sopir itu. Selain itu, para penumpang bus juga dapat turut memantau kecepatan laju bus yang dikendarainya sehingga apabila sopir bus mengacuhkan peringatan speed-alarm, penumpang dapat menegur hingga melaporkan ke pihak Kepolisian untuk menindak sopir yang ugal -ugalan tersebut.

Baca juga  Hari Lahir Pancasila: Keberagaman adalah Kodrat Indonesia

Alizudin, satu diantara sopir bus di Kota Blitar mengaku sangat terbantu dengan dipasangnya speed-alarm pada bus yang dikemudikannya karena dapat dijadikan barometer agar tidak ugal -ugalan saat mengendarai bus. Bahkan Alizudin pun berharap speed-alarm ini tidak dipasang hanya ketika momen mudik lebaran saja, agar angka kecelakaan akibat sopir bus yg ugal – ugalan bisa berkurang.

AKP Yanto mengimbau seluruh penumpang bus agar ikut memantau kinerja speed alarm dan tidak segan melapor ke Polres Blitar Kota maupun Polsek terdekat apabila menemui sopir bus yg secara sengaja mematikan speed-alarm di tengah perjalanan.