Foging Sudah Tidak Efektif Basmi Nyamuk DBD

0
314
Fogging di desa
foto ilustrasi, dari republikaonline

Info Blitar – Nyamuk penyebab demam berdarah di kab Blitar sulit dikendalikan akibat sudah resisten obat nyamuk & fogging. Kabid Penanganan Penyakit & Masalah Kesehatan Dinas Kesehatan Kab Blitar, Christine Indrawati mengatakan selama dilakukan fogging di beberapa kecamatan kunci seperti Garum hasilnya tidak banyak nyamuk yang mati.

Jumlah temuan penderita demam berdarah justru bertambah banyak. Menurutnya, hasil penelitian laboratorium Kemenkes RI terakhir menyebut mayoritas nyamuk saat ini sudah kebal dengan bahan pestisida yang terdapat di asap fogging & obat nyamuk sehingga sebanyak apapun warga menyemprotkan obat nyamuk di rumah dipastikan tidak akan membunuh nyamuk.

Pihaknya lebih menyarankan warga melakukan aksi Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3M Plus di antaranya menguras, menutup & mengubur plus menaburkan bubuk Abate untuk membunuh jentik nyamuk.

Baca juga  Pertengkaran Usai Pesta Miras Menimbulkan Korban Jiwa

Cara ini dinilai lebih efektif murah & mudah membasmi nyamuk demam berdarah jika dibanding fogging atau membeli obat nyamuk semprot yang mahal. Angka kesakitan demam berdarah di kab Blitar cenderung merata. Namun angka kasus tertinggi berada di kecamatan Garum yang sudah menembus angka 39 penderita. hud