Menjelang Lebaran, Harga Cabai di Kota Blitar Alami Kenaikan

0
37
Cabai
Ilustrasi Cabai Rawit. Foto dari Tempo

Info Blitar – Titin, salah satu diantara pedagang di Pasar Pon Kota Blitar mengatakan, menjelang Lebaran 2018 ini, seluruh harga cabai di Kota Blitar mengalami kenaikan hampir separuh dari harga normal. Seperti harga cabai merah besar yang naik hingga 30 persen atau sekitar Rp 10.000 dari harga normal Rp 35.000, menjadi Rp 45.000 per kg. Sedangkan cabai rawit naik sekitar 20 persen atau Rp 5000 – 6000, dari Rp 28 ribu menjadi Rp 34 ribu per kg.

Untuk cabai keriting yang semula Rp 25 ribu per kg, menjadi Rp 35 ribu, hal ini menunjukkan kenaikan sekitar 40 persen atau Rp 10 ribu perkilogramnya. Lonjakan harga ini dikarenakan stok cabai di beberapa daerah mengalami penurunan akibat banyaknya permintaan untuk acara hajatan menjelang Hari Raya Idul Fitri 2018, sehingga Kota Blitar turut terkena imbas kenaikan harga cabai. Meskipun harga cabai mengalami kenaikan, keuntungannya perhari masih sama dengan hari-hari biasanya, sekitar Rp 100 ribu dari 10 hingga 15 kilogram cabai yang terjual.

Sementara itu Kabid Ketahanan Pangan dan Perikanan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Blitar, Riyanto saat dikonfirmasi melalui telepon mengatakan, naiknya harga cabai di Kota Blitar, disebabkan tidak seimbangnya penawaran dan permintaan antara pembeli dan penjual di beberapa wilayah yang ada di Jawa Timur.

Sehingga meskipun penawaran dan permintaan antara pembeli di wilayah Kota Blitar masih seimbang, namun tetap terkena imbas kenaikan harga cabai, karena petani cabai berasal dari wilayah yang sama.