Pakaian Djadoel dan Tampilan ala Bung Karno Jadi Pakaian Dinas ASN Kota Blitar

0
314
Gaya Pakaian Bung Karno
Gaya Pakaian Bung Karno. Ilustrasi dr Tribunews

Info Blitar –  Mulai awal tahun 2018, Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar memberlakukan pemakaian seragam kerja baru bagi seluruh pegawai dan pejabat dilingkup Pemkot Blitar termasuk para guru. Hal itu berdasarkan peraturan walikota blitar nomor 37 tahun 2017 tentang pakaian dinas disebutkan jenis pakaian dinas lainnya yang berlaku di lingkungan Pemkot Blitar yakni pakaian Soekarno Look dan pakaian djadoel.

Drs.Rudi Wijonarko M.si Sekretaris daerah kota Blitar mengatakan pakaian djadoel digunakan setiap tanggal 1 pada hari efektif. Sementara untuk pakaian Soekarno Look terbaru dipakai setiap tanggal 21 hari efektif.

“Jika tanggal 1 dan 21 hari libur, maka pakaian djadoel dan Soekarno Look dipakai pada hari efektif selanjutnya,”kata Rudi.

Menurut Rudi, pemakaian pakaian Djadoel sebagai upaya menjunjung tinggi kearifan lokal. Sementara pakaian Soekarno Look menggambarkan kecintaan terhadap presiden pertama RI. Bahkan pemilihan tanggal 21 disesuaikan dengan tanggal beliau wafat.

“Dengan memakai Soekarno Look, secara tidak langsung, seluruh ASN di pemkot Blitar akan selalu mengenang sang proklamator,”imbuh Rudi.

Lebih lanjut Rudi menambahkan tidak menutupkemungkinan pemberlakukan pemakaian Baju Djadoel dan soekarno look, juga akan diterapkan dilingkungan sekolah. Sehingga bukan hanya para tenaga pendidik namun juga para siswa.

“Wacananya seluruh lembaga sekolah SD dan SMP, juga akan mengikuti terkait dengan pemakaian pakaian dinas baik Djadoel maupun Soekarno Look,”sebut Rudi.

Namun demikian untuk pemakaian dan atribut pakaian dinas yang lainnya tidak ada perubahan dengan ketentuan yang berlaku.(Ram)

Pencarian Terbaru:

  • baju dinas Ir Soekarno
  • Baju model bung karno