Pengajuan UMK Kabupaten Blitar

0
453
UMK Kabupaten Blitar
[foto ilustrasi, dari suaramerdeka. -hud]

Info Blitar – Dewan Pengupahan Kab. Blitar sepakat UMK Kab Blitar 2017 yg diajukan ke Gubernur Jawa Timur sebesar Rp 1.521.000.

Menurut Kepala Disnakertrans Kab Blitar, Herman Widodo mengatakan jumlah itu dinilai sudah sesuai dengan survey Kebutuhan Hidup Layak (KHL) & pertimbangan pertumbuhan ekonomi serta perhitungan inflasi di kab Blitar. Selain itu dari perhitungan Disnakertrans, KHL Kab Blitar ternyata Rp 1.488.000 sehingga dipastikan UMK yg ditetapkan tahun ini sudah sesuai. Kata dia, besaran UMK yg diajukan tahun ini memang meningkat Rp 116.000 jika dibanding UMK Kab Blitar 2015 sebesar Rp 1.405.000. Diakuinya memang ada pertentangan sengit antara asosiasi pengusaha (APINDO) dengan serikat pekerja (SPSI) tetapi dengan berbagai argumen & kondisi pasar, akhirnya semua sepakat mengajukan nominal Rp 1.521.000 ke Provinsi.

Baca juga  Pedagang Sayur Kepergok Mencuri Cabai di Sawah

Dewan Pengupahan Kab Blitar yg terdiri atas Disnakertrans Kab Blitar, APINDO, SPSI & Perguruan Tinggi atau Pakar, kemarin menggelar sidang tertutup. Sidang digelar terkait penentuan besaran Upah Minimum Kabupaten (UMK) Kab Blitar yg akan dikirim ke Gubernur Jatim akhir minggu ini.