Puluhan Sapi & Kambing Di 3 Kecamatan Kab Blitar Mati Mendadak

0
467
Ternak Mati
Ilustrasi Ternak Mati dari linksatu

Info Blitar – Kepala Dinas Peternakan Kab Blitar, Mashudi mengatakan dari laporan warga yg masuk, ternak sapi mereka tanpa sebab yg pasti tiba-tiba ambruk & mati padahal di hari sebelumnya kondisi ternak masih normal sehat & bugar meski memang terlihat kembung. Selain itu, sejak akhir November juga diterima laporan kambing yang mati mendadak karena tiba-tiba nafasnya tersengal-sengal.

Dari pemeriksaan petugas lapangan, diketahui bangkai ternak yang mati perutnya memang keras & membesar. Kuat dugaan puluhan ternak itu keracunan makanan. Apalagi beberapa pemilik ternak mengaku memberikan pakan yang berasal dari lingkungan sekitar tanpa dipilah & diperiksa terlebih dahulu.

Pihaknya belum bisa memastikan penyebab kematian puluhan ternak itu karena Dinas Peternakan Kab Blitar masih mengirim sample spesimen ternak yang mati ke Laboratorium Veterinal Utama di Jogjakarta & diperkirakan minggu depan hasilnya baru keluar.

Baca juga  Polsek Sanankulon Benahi Mako Dibantu Warga

Kata dia, petugas lapangan saat ini masih mensosialisasikan perawatan #hewanternak dengan baik & benar terutama di musim #hujan agar tidak terjadi kasus kematian lanjutan.

2 kasus hewan ternak mati mendadak terjadi di Karanggayam Srengat, 4 kasus di Plosoarang Sanankulon & 5 kasus di Udanawu. [foto ilustrasi, dari linksatu. -hud]