Sajikan Es Pleret Sebanyak 22.000 Gelas, Kota Blitar Pecahkan Rekor Muri

0
25
Foto jelajahblitar
Foto jelajahblitar

Info Blitar – Pemecahan rekor Muri penyajian es pleret terbanyak yang dilaksanakan di Alun – alun Kota Blitar, Sabtu(12/5/2018) malam, berlangsung dengan meriah. Ada 22.000 gelas es pleret yang  panitia secara gratis dalam acara pemecahan rekor Muri tersebut ludes disantap oleh ribuan warga yang memadati alun – alun Kota Blitar dalam waktu sekejap.

Wali Kota Blitar, M Samanhudi Anwar, mengatakan es pleret merupakan minuman khas asli Blitar. Menurutnya, es pleret ini tergolong unik baik dari segi pembuatan dan bentuknya. Warna es pleret didominasi merah dan putih. “Warnanya merah putih khas dengan Kota Blitar yang nasionalis,” kata Samanhudi saat konferensi pers sebelum acara pemecahan rekor Muri dilaksanakan.

Samanhudi berharap es pleret menjadi minuman khas Blitar yang dikenal secara nasional bahkan internasional. Dan akan mematenkan es pleret sebagai minuman khas asli Kota Blitar. Selain itu, dia juga akan membuat sentral khusus penjual es pleret di kawasan Taman Kota Kebonrojo, Kota Blitar.

“Dulu, ketika saya masih kecil, sering minum es pleret di Alun-alun. Penjualnya berada di tengah Alun-alun,” ujarnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Blitar, Arianto mengatakan acara pemecahan Rekor Muri Sajian Es Pleret terbanyak ini diikuti berbagai elemen masyarakat. Mulai organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Blitar, pelajar, dan warga Kota Blitar.

Baca juga  Seorang Nenek Ditemukan Meninggal di Belakang Rumahnya

Tujuan kegiatan ini salah satunya untuk mengenalkan es pleret ke masyarakat. Es pleret merupakan minuman khas asli Blitar. Dengan adanya kegiatan ini, dia berharap es pleret semakin populer di masyarakat.”Selain itu, tujuan kegiatan ini juga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Kota Blitar,” kata Arianto.

Deputi Manajer Muri, Ariani Siregar mengatakan Kota Blitar berhasil memecahkan rekor Muri sajian es pleret terbanyak. Sebelumnya, sudah ada rekor muri sajian es pleret sebanyak 8.000 lebih gelas. Kota Blitar mematahkan rekor sebelumnya dengan menyajikan sebanyak 22.000 gelas es pleret. “Rekor Muri sajian es pleret terbanyak sekarang dipegang Kota Blitar. Kota Blitar mematahkan rekor sebelumnya sajian es pleret sebanyak 8.000 lebih gelas,” katanya.

Es pleret memang kuliner khas asli Blitar yang belum banyak dijumpai di daerah lain. Sekilas, kombinasi bahan es pleret mirip dengan es dawet. Yakni, campuran santan, sirup gula merah (kelapa), dan es batu. Tetapi yang membedakannya hanya pada pleret.

Pleret ini terbuat dari tepung beras yang dicampur sedikit tepung kanji dan air. Campuran bahan itu diaduk lalu dibentuk bulat kecil-kecil mirip pentol bakso. Sebelum direbus, pleret yang sudah berbentuk bulati itu ditekan menggunakan jari agar membentuk rongga.