Tertutup Mendung, Hilal Tidak Terlihat di Pantai Serang Kabupaten Blitar

0
23
Pelaksanaan Rukyatul Hilal di Pantai Serang
Pelaksanaan Rukyatul Hilal di Pantai Serang. Foto Handoko

Info Blitar – Badan Hisab dan Rukyat (BHR) Kabupaten Blitar gagal melihat hilal untuk menentukan 1 Syawal 1439 hijriyah, di pantai Serang, Kecamatan Pangungrejo, Kabupaten Blitar. Pasalnya sejak awal dimulainya rukyatul hilal sekitar pukul 17.37 WIB, mendung tebal menyelimuti langit pantai Serang yang terletak di Blitar Selatan tersebut.

Kepala Kementrian Agama Kabupaten Blitar Suhadi mengatakan, sebenarnya hilal sangat mungkin untuk dilihat jika tidak tertutup mendung. Karena berdasarkan metode Ephemeris tinggi hilal sudah 7 derajat di atas ufuk. Selain tertutup mendung, hilal juga tertutup perbukitan di sebelah barat daya pantai Serang, yang menjadi arah terbenamnya matahari.

Menurut Suhadi, Hasil Pelaksanaan Rukyatul Hilal di Pantai Serang akan dikirimkan ke Kementrian Provinsi Jatim dan Kemenag RI. Sehingga, untuk penetapan 1 Syawal 1439 H akan diumumkan dalam sidang isbat .

Baca juga  Truk Muatan Pasir Terperosok di Timur Mapolsekta Wonodadi

Untuk diketahui pantai Serang, menjadi salah satu titik dari 21 pengamatan rukyatul hilal di Jawa Timur. Selain Kemenag Blitar, rukyatul hilal di pantai Serang juga dihadiri Kemenag se-eks karesidenan Kediri. Di antaranya Kota/Kabupaten Kediri, Kota/Kabupaten Blitar, Tulungagung, dan Trenggalek.