Wakil Walikota Prihatin Tinggi Angka Bolos Sekolah di Kota Blitar

0
519
pelajar bolos sekolah
foto ilustrasi dari matakau

Info Blitar – Wakil Walikota Blitar, Santoso mengaku prihatin dengan tingginya angka bolos sekolah di kota Blitar selama beberapa minggu terakhir. Menurutnya, ini menjadi perhatian khusus pemerintah untuk menekan angka bolos sekolah. Pihaknya memastikan segera menegur Dinas Pendidikan Kota Blitar agar dilakukan upaya khusus seperti pemanggilan Kepala Sekolah. Ia memastikan, Pemkot melalui Dinas Pendidikan akan memberikan efek jera kepada pelajar yg bolos, agar tidak kembali membolos sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Blitar, Mohammad Sidik mengatakan pihaknya mengakui pengawasan masing-masing sekolah saat ini perlu ditingkatkan karena banyaknya siswa yg diketahui bolos. Kata dia, pengawasan untuk absensi para siswa yg diketahui tidak masuk tanpa alasan yg jelas harus dicek langsung ke orang tua. Sedangkan untuk siswa yg sudah diketahui membolos diminta untuk mendapat hukuman yg bisa membuat siswa jera & tidak kembali bolos. Menurutnya, jika pengawasan sekolah ditingkatkan bisa meminimalisir pelajar bolos. Tetapi kata dia, penyebab banyaknya pelajar bolos juga datang dari berbagai pihak, tidak hanya sekolah seperti pergaulan pelajar & pengawasan dari pihak orang tua. Selain pengawasan dari sekolah, pengawasan dari orang tua menurutnya juga penting.

Baca : Program sepeda gratis pemkot Blitar

Dalam seminggu terakhir, Satpol PP Kota Blitar melakukan razia puluhan pelajar yg diketahui bolos saat jam pelajaran sekolah di beberapa lokasi di kota Blitar seperti di Alun2, tempat parkir, warung kopi, tempat main PlayStation (PS) & warnet. [foto ilustrasi, dari matakau. apr-nit] —

Baca juga  Warga Minggirsari Blitar Menghias Jalan Bernilai Seni