Operasi Lalu Lintas Zebra Nopember 2017

0
202
Operasi Zebra 2017
Operasi Zebra 2017

Info Blitar – Sesuai dengan agenda Korps Lalu Lintas Polri, polisi lalu lintas se-Indonesia akan menggelar operasi lalu lintas zebra atau operasi zebra. Operasi ini akan digelar selama 2 pekan atau 14 hari, mulai Rabu 1 Nopember 2017 sampai Selasa 14 Nopember 2017. Rencana operasi zebra ini telah disampaikan sejumlah Polda, terutama Polda Metro Jaya.

Pengendara sepeda motor, kesaslahan-kesalahan yang akan dikenai tilang diantaranya kelengkapan surat-surat kendaraan, pengendara melawan arus, pelat nomor tidak sesuai aslinya, pengendara atau penumpang tidak mengenakan helm, motor harus lajur kiri (apabila ada lajur kanalisasi), harus menyalakan lampu besar di siang hari, melnaggar lampu merah, melanggar marka jalan, dan naik motor lebih dari dua orang.

Baca juga  Pasca Banjir: Perbaikan Tanggul Kali Unut dan Bogel Sutojayan Disegerakan

Sementara untuk pengendara mobil ada enam sasaran, yakni pelat nomor tidak sesuai aslinya, simbul pada pelat nomor, pakai rotator atau sirine pada mobil pribadi, tidak pakai sabuk pengaman, melanggar lampu merah, serta melanggar marka jalan.

Perlu anda ketahui, polisi lalu lintas berhak untuk menindak pengendara bermotor siapa saja yang melanggar aturan berlalu lintas

Haknya telah diatur dalam Peraturan pemerintah nomor 42 tahun 1993 tentang pemeriksaan kendaraan bermotor di jalan