Pantai Pasur

infomblitar

Pantai Pasur Blitar

Pantai Pasur Blitar merupakan pantai yang belum dikelola sebagai destinasi wisata, meski demikian tidak ada salahnya untuk menikmati keindahan pantai di Blitar ini.

Secara administratif, Pantai Pasur terletak di Desa Bululawang, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar. Pantai ini merupakan pantai dengan bentang pantai terluas ke dua di wilayah Blitar setelah Pantai Jolosutro.

Pantai ini merupakan salah satu pantai yang terletak di ujung barat Kabupaten Blitar. Tentunya kamu akan bisa mengaksesnya apabila nantinya JLS dari Blitar menuju ke Tulungagung selesai.

Akses ke Pantai Pasur

Apabila ingin bepergian ke Pantai Pasur, kamu bisa melewati jalur Blitar Kota – Kademangan – Bakung – Bululawang – Pasur. Ada banyak tempat wisata yang bisa disinggahi dalam rute ini, salah satunya adalah Monumen Trisula yang ada di Ds. Bakung.

Sebenarnya, JLS yang menghubungkan Kabupaten Blitar paling barat dan Kabupaten Tulungagung paling timur sudah bisa diakses oleh masyarakat sejak akhir tahun 2021. Tidak heran jika belakangan mulai banyak pengunjung dari Tulungagung yang pergi ke pantai pasur ini.

Akses JLS ini menghubungkan Pantai Pasur dengan Pantai Molang dan Pantai Pacar yang sudah lebih dulu populer dan dikunjungi banyak wisatawan di Blitar.

Apabila anda ingin berkunjung ke pantai ini, kami sarankan langsung membuka Google Maps saja.

Keindahan Pantai Pasur

Bentang pantai yang luas dengan kondisi yang masih sepi bisa menjadi salah satu keunggulan di Pantai ini. Pengunjung bisa menikmati setiap sudutnya tanpa harus berada di keramaian. Ada beberapa titik menyenangkan di pantai ini.

Sisi paling barat memiliki muara sungai yang indah. Apabila beruntung anda bisa mengarungi sungai dengan membayar sejumlah tiket ke nelayan lokal yang mungkin sedang berada di sungai.

Selain itu di sisi ini biasanya banyak anak-anak yang berenang. Berenang di muara sungai relatif lebih aman dibandingkan berenang di laut. Dengan bentang pantai yang luas, pantai ini memiliki ombak yang sangat besar sehingga tidak disarankan untuk berenang di pantai ini.

Bagian tengah pantai pasur merupakan bagian yang jarang dikunjungi wisatawan, karena sangat panas. Tidak ada pepohonan yang rindang. Apalagi dengan pasir warna hitam di pantai ini.

Bagian timur merupakan bagian paling nyaman dengan pepohonan cemara udang. Pengunjung bisa menikmati angin sepoi-sepoi di bawah pepohonan cemara yang rindang.

Tiket Masuk

Ketika tim Info Blitar pergi ke Pantai Pasur, tidak ada tiket masuk ke kawasan pantai ini. Apabila anda ingin menikmati ujung timur pantai dengan pepohonan cemara udang. Hanya akan dimintai parkir oleh warga setempat yang menyediakan lahan parkir.

Ada beberapa penjual di depan rumah mereka yang terletak di sisi timur pantai ini.

Komentar