DLH Kota Blitar Rilis Aplikasi SIDOTI

0
61
Peluncuran aplikasi SIDOTI
Peluncuran aplikasi SIDOTI

Info Blitar – Dinas Lingkungan Hidup meluncurkan satu aplikasi baru berbasis android bernama SIDOTI (Sistem Informasi Sedot Tinja Terintergrasi) pada hari Senin, 4 November 2019.

Bertempat di Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja, Sukorejo, Kota Blitar, acara ini dihadiri oleh berbagai kalangan. Mulai dari Kepala Kelurahan se-Kota Blitar, Camat, anggota Germas, pegiat sosial media, hingga dihadiri oleh Plt. Walikota Blitar, Bapak Santoso.

Penjelasan mengenai aplikasi SIDOTI dijelaskan oleh Bapak Denny Eko Prisanto, selaku Kepala Seksi Pengendalian Pencemaran Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kota Blitar.

 

Aplikasi SIDOTI
Tampilan halaman depan aplikasi SIDOTI

 

Aplikasi SIDOTI (Sistem Informasi Sedot Tinja Terintegrasi) merupakan sebuah aplikasi yang diciptakan untuk mempermudah masyarakat Kota Blitar dalam melakukan sedot tinja di rumah.

Aplikasi SIDOTI bisa diunduh tanpa berbayar melalui Google Play. Kemudian lakukan pendaftaran dengan mengisikan NIK dan password. Langkah berikutnya klik daftar jika pengguna baru, dan klik login jika sudah pernah daftar sebelumnya. Jika masih pengguna baru, klik register dan isi identitas sesuai KTP, mulai dari NIK, nama, hingga alamat lengkap.

Tapi tak perlu khawatir akan ribetnya mengisi data karena hanya dengan mengisi NIK dan klik “GET”, akan langsung terisi otomatis, karena aplikasi ini terintegrasi langsung dengan Dispendukcapil Kota Blitar.

Setelah semuanya terisi dan akun sudah jadi, akan masuk di laman beranda aplikasi SIDOTI yang terdapat empat pilihan utama yaitu Penyedotan Langsung, Penyedotan Berkala, Penilaian, dan Pengaduan.

Jika ingin melakukan penyedotan, langsung klik Penyedotan Langsung, dan isi identitas sesuai yang tertera, mulai dari alamat rumah, nomor handphone, hingga lokasi rumah bisa dilewati oleh truk atau tidak.

Setelah itu, klik simpan dan data otomatis langsung masuk, menunggu jadwal penyedotan yang nantinya akan muncul di aplikasi SIDOTI ini. Cukup mudah, bukan?

Nantinya, juga bisa memberikan Penilaian/Rating pada pelayanan sedot tinja ini. Jika ada pengaduan, juga bisa klik bagian Pengaduan pada aplikasi.

Komentar
Dapatkan info terbaru seputar Blitar melalui Facebook , Instagram dan Aplikasi Android.