Kenali Gejala dan Penanganan Virus COVID-19

    0
    1058
    Warga-terus-berupaya-menjaga-diri-dari-wabah-corona.-ilustrasi

    Info Blitar – Kenapa kita harus waspada terhadap virus Covid-19? Virus ini merupakan jenis virus baru penyebab penyakit saluran pernapasan yang masih satu keluarga dengan virus penyebab MERS dan SARS.

    COVID-19 atau virus korona adalah musuh kita yang tidak terlihat dan belum terlalu kita kenali kemampuannya. Perlu kamu ketahui, virus ini telah menyebabkan sekitar 8.811 kematian dan menginfeksi 218.827 orang di 152 negara di seluruh dunia (per 19 Maret 2020 yang pukul 16.00 WIB). Khawatirnya masih banyak orang yang sebenarnya telah terinfeksi namun tidak tercatat atau terdeteksi.

    Ada beberapa hal penting yang perlu kita ketahui tentang virus korona atau COVID-19, apa saja sih?

    Apa saja gejalanya?

    • Demam tinggi di atas 38ยบ C
    • Batuk atau pilek
    • Sakit tenggorokan
    • Gangguan pernapasan

    Gejala-gejala ini memang mirip sekali dengan gejala batuk pilek atau flu biasa, banyak yang mengira hanya sakit batuk pilek biasa, namun bisa jadi sudah terinfeksi oleh COVID-19 terlebih jika baru saja pulang dari daerah yang terdampak atau baru saja kontak dengan pasien tersuspect. Oleh sebab itu, untuk saat ini jangan ragu untuk mendatangi fasiitas kesehatan jika mendapati gejalanya.

    Apa yang harus dilakukan saat ke Fasilitas Kesehatan?

    • Jangan lupa menggunakan masker
    • Ikuti etika saat bersin, batuk, pilek yang benar
    • Kurangi menggunakan transportasi massal

    Jika kamu sehat namun …

    • Memiliki riwayat perjalanan kurang 14 hari yang lalu dari daerah terdamak Virus COVID-19 lakukan hal berikut:
      SELF MONITORING
      Seseorang diharuskan tetap di rumah tidak melakukan aktivitas di luar selama 14 hari terhitung sejak melakukan perjalanan dari daerah terdampak. Jika selama di rumah tidak mendapati gejala apapun kamu bisa kembali beraktivitas biasa dengan tetap menjaga pola hidup bersih dan sehat. Jika mengalami gejala tersebut, laporkan pada fasilitas kesehatan terdekat. Hal ini bisa berdampak besar pada keadaan di masyarakat untuk menekan angka penyebaran virus korona.
    • Merasa pernah kontak dengan pasien tersuspect ataupun positif COVID-19
      LAPORKAN
      Segera lapor ke petugas kesehatan dan periksa ke fasilitas kesehatan terdekat atau hubungi Hotline Gugus COVID Centre 19 Kota Blitar (0342) 804063/ 0811-3184-157

    Tenaga kesehatan akan melakukan screening untuk mengetahui masuk kategori Pasien Dalam Pengawasan (PDP) COVID-19 atau tidak.

    • Jika tidak memenuhi kriteria PDP Covid-19 maka akan dilakukan rawat inap atau jalan tergantung diagnosa dan keputusan dokter yang melakukan pemeriksaan
    • Jika memenuhi kriteria PDP Covid-19 maka akan dirujuk ke salah satu rumah sakit rujukan yang siap melakukan penanganan sesuai dengan standar yang telah diterapkan

    Di rumah sakit tujukan pasian diambil untuk pemeriksaan laboratorium dan pasien berada di ruang isolasi. Nantinya hasil pemeriksaan pertama akan keluar dlaam waktu 24 jam.

    • Jika hasil negatif, maka akan dirawat sesuai dengan penyebab penyakit. Tetap terapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat untuk menjaga daya tahan tubuh
    • Jika hasil positif (dinyatakan sebagai penderita COVID-19), maka sampel akan diambil setiap hari dan akan dikeluarkan dari ruang isolasi jika pemeriksaan sampel 2 kali berturut-turut jika hasilnya negatif.
    Komentar
    Dapatkan info terbaru seputar Blitar melalui Facebook , Instagram dan Aplikasi Android.