Kiai Anwar, Santri Pertama Ponpes APIS Gondang yang Jasadnya Utuh Setelah Meninggal 31 Tahun Lalu

0
618
JASAD KIAI ANWAR UTUH
JASAD KIAI ANWAR UTUH

Info Blitar – Berita tentang Kiai Anwar Sudibyo viral akhir-akhir ini setelah diketahui jasadnya masih utuh meski telah dikebumikan sekitar 31 tahun lebih. Cerita singkat tentang Kiai Anwar Sudibyo, beliau merupakan santri pertama PonPes (pondok pesantren) APIS Gondang di Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar.

Kemudian beliau istiqomah melakukan dakwah dan mendirikan pondok pesantren di wilayah tempat tinggalnya, Desa Tambakan Kec. Gandusari Kab. Blitar. Semasa hidupnya Kiai Anwar Sudibyo ini pernah menjabat sebagai Rois Syuriah PCNU Blitar, Kepala Pengadilan Agama Malang, dan legislator.

Ia juga dikenal sebagai ulama Mursyid Tarekat Al Mu’tabaroh Annahdliyah. Beliau tutup usia pada usia 74 tahun, sekitar tanggal 21 September 1988. Mohammad Munib (60) yang merupakan putra sang kiai menceritakan bahwa Abah –panggilan untuk Kiai Anwar Sudibyo– sempat menjalani perawatan di salah satu rumah sakit Kota Blitar.

Namun meminta pulang meskipun keadaan belum pulih benar, akhirnya dipindahkan ke RSU Ngudi Waluyo Wlingi. Mohammad Munib atau yang biasa disapa Gus Munib membenarkan bahwa jasad ayahnya masih dalam keadaan 90% utuh saat pemindahan makam pada hari Kamis (14/03) lalu.

Gus Munib tidak terlibat langsung saat proses pengangkatan namun ia turut menyaksikan proses pengangkatan jenazah. Kain kafan pun masih dalam keadaan utuh (tidak robek), kondisinya kotor karena proses penguburan yang berlangsung lama.

Ada beberapa alasan dilakukannya pemindahan makam, salah satunya karena sebuah pesan sebelum Almarhumah Siti Afijah tutup usia pada tahun lalu. Almarhumah merupakan istri Kiai Anwar Sudibyo yang merupakan ibu dari Gus Munib.

Setelah memperingati 100 hari mendiang Siti Afijah, keluarga besar sepakat untuk memindahkan makam Kiai Anwar Sudibyo dari TPU Desa Tambakan ke area belakang Masjid Jami Baitur Rouf, bersanding dengan makam istrinya.

Proses pemindahan ini tentunya telah didukung oleh Kepala Desa setempat dan beberapa kali telah melewati konsultasi dengan kiai-kiai yang dipercaya oleh keluarga besar Kyai Anwar Sudibyo.

Komentar
Dapatkan info terbaru seputar Blitar melalui Facebook , Instagram dan Aplikasi Android.