Sosialisasi Kebijakan Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender Kabupaten Blitar

0
59
promo shopee

Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBP3A) menyelenggarakan Sosialisasi Kebijakan Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender termasuk Perencanaan Pembangunan Responsif Gender Kabupaten Blitar, selama tiga hari yaitu di hari Senin tanggal 13, 20 dan 27 Juni 2022 di Ruang Perdana Jl. Sudanco Supriadi No.17 Blitar. Sasaran dari sosialisasi ini adalah perwakilan dari seluruh Dinas, Kecamatan dan Desa yang ada di Kabupaten Blitar.

Agenda ini dibuka oleh Kepala Dinas PPKBP3A Kabupaten Blitar, Herman Widodo. Kegiatan ini menghadirkan narasumber yaitu Lu’lu Ul Maknunah, Dosen Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Islam Balitar yang juga sebagai Fasilitator Pengarusutamaan Gender (PUG) Kabupaten Blitar.

Dalam sambutanya, Kepala Dinas PPKBP3A menyampaikan, kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan sebagai komitmen Dinas PPKBP3A dalam rangka percepatan PUG di Kabupaten Blitar. Dirinya bersyukur kegiatan ini berjalan lancar dan diikuti oleh para peserta dengan penuh antusias.

Sosialisasi Kebijakan Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender Kabupaten Blitar 1
Sosialisasi 20 Juni 2022

“Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran pentingnya PUG di setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh OPD, Kecamatan bahkan juga di Desa. Sekaligus mendorong mereka untuk merencanakan kegiatan-kegiatan yang responsif gender demi tercapainya pembangunan responsif gender di Kabupaten Blitar,’’ kata Herman.

Sosialisasi Kebijakan Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender Kabupaten Blitar 2
Sosialisasi 27 Juni 2022

Di lain kesempatan, dalam sosialisasi yang dilakukan oleh Lu’lu Ul Maknunah sebagai narasumber menyampaikan pengarusutamaan gender berbeda dengan konsep jenis kelamin. Gender bukan hanya persoalan perempuan saja tapi bisa laki-laki, orang tua, anak-anak bahkan penyandang disabilitas. Di akhir kegiatan, narasumber berpesan agar seluruh OPD, Kecamatan dan Desa dapat dengan segera merencakan kegiatan yang responsif gender demi tercapainya kesetaraan gender di semua wilayah Kabupaten Blitar.

Komentar
Dapatkan info terbaru seputar Blitar melalui Facebook , Instagram dan Aplikasi Android.
Previous articlePemadaman Listrik Tanggal 3 Juli 2022 di Blitar
Next articlePemadaman Listrik Kamis, 7 Juli 2022 di Blitar