Tiket Mudik Kereta Api Lokal Gratis di Blitar Bisa di Pesan Mulai 2 Juni 2018

0
68
kereta api. foto mudikgratis com
kereta api. foto mudikgratis com

Info Blitar – Mudik gratis naik kereta api lokal di Stasiun Kota Blitar, baru dimulai pada 9-14 Juni 2018. Tetapi, pemesanan tiket mudik gratis kereta api lokal sudah bisa dilakukan mulai 2 Juni 2018 atau H-7 pemberangkatan.

M Nur Ghozuli, Wakil Kepala Stasiun Kota Blitar, mengatakan, “Pemesanan tiket mudik gratis kereta api bisa dilakukan H-7 pemberangkatan,” pada Selasa (29/5/2018).

Mudik gratis hanya berlaku untuk kereta api lokal. Ada dua kereta api lokal yang melayani mudik gratis di Stasiun Kota Blitar. Yakni, kereta api Penataran tujuan Blitar-Surabaya lewat Malang dan kereta api Dhoho tujuan Blitar – Surabaya lewat Kertosono. Pemesanan tiket mudik gratis bisa dilakukan di stasiun yang dilewati kereta api.

Ghozuli mengatakan selain mudik gratis, PT KAI juga memberikan pelayanan balik gratis naik kereta api lokal. Balik gratis naik kereta api lokal dilaksanakan pada 17-21 Juni 2018. Pemesanan tiket balik gratis naik kereta api juga baru dilakukan 10 Juni 2018 atau H-7 pemberangkatan. “Sistem pemesanannya sama, H-7 pemberangkatan,” ujarnya.

Di sisi lain, kata Ghozuli, tiket kereta api arus mudik dan arus balik tujuan Jakarta-Blitar dan sebaliknya sudah ludes terjual. Tiket kereta api arus mudik dari Jakarta ke Blitar sudah habis mulai pemberangkatan 7-16 Juni 2018. Sebaliknya, tiket kereta api arus balik dari Blitar ke Jakarta juga sudah habis terjual untuk pemberangkatan mulai 16-26 Juni 2018.

Tiket kereta api tambahan Lebaran juga sudah habis terjual. Ada tiga kereta api tambahan Lebaran di Stasiun Kota Blitar. Yakni, kereta api Brantas, kereta api Matarmaja, dan kereta api Gajayana. Ketiga kereta api itu tujuan Blitar-Jakarta dan sebaliknya.

Kereta api Brantas dan kereta api Matarmaja merupakan kereta api kelas ekonomi. Tiket tambahan untuk kedua kereta api itu sudah habis terjual mulai 8 Juni-25 Juni 2018. “Rata-rata tiket kereta api arus mudik dan arus balik dari Blitar ke Jakarta dan sebaliknya sudah habis terjual,” kata Ghozuli.

Sementara itu, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Blitar juga menyediakan angkutan mudik dan angkutan balik gratis. Untuk angkutan mudik disediakan lima bus. Yakni untuk pemberangkatan 12 Juni 2018 sebanyak dua bus dan pemberangkatan 13 Juni 2018 sebanyak 3 bus.

“Angkutan mudik gratis ini merupakan program dari provinsi,” kata Kepala Dishub Kota Blitar, Priyo Suhartono.

Sedangkan untuk angkutan balik gratis, Dishub menyedikan empat unit bus. Pendaftaran angkutan balik gratis bisa dilakukan sekarang di kantor Dishub Kota Blitar. Pendaftaran angkutan balik gratis akan ditutup kalau kapasitas bus sudah terpenuhi. “Syarat pendaftarannya bawa fotokopi KTP dan KK,” ujar Priyo.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here