Kemeriahan Larung Sesaji 1 Suro di Pantai Serang Blitar

0
15
Larung Sesaji 1 Suro di Pantai Serang
Larung Sesaji 1 Suro di Pantai Serang. Tahun 2018. Foto Lia

Info Blitar – Acara ritual pada 1 Suro, yang digelar di Pantai Serang, Desa Serang Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar, berlangsung meriah, Kamis (13/09) pagi. Ribuan warga memenuhi tepi pantai untuk menyaksikan ritual tersebut.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, warga melakukan larung sesaji di pantai Blitar selatan itu untuk memperingati 1 Muharam atau juga dikenal 1 Suro. Selain sebagai rasa syukur warga atas nikmat atau hasil bumi, yang diperoleh dalam setahun itu, acara itu juga sekaligus untuk mengenalkan potensi wisata laut.

Pada ritual itu, warga membuat tiga tumpeng raksasa atau setinggi sekitar 3 meter dengan diameter sekitar 4 meter. Sebelum dilarungkan, tumpeng itu diarak mulai pendopo pantai ke bibir pantai, yang berjarak sekitar 300 meter.

Saat diarak itu, warga mengikutinya, dengan berpakaian adat. Tak luput, itu juga diiringi dengan musik jaranan sehingga menambah suasana kian meriah karena sebagian warga mengikuti irama musik tersebut.

Lebih meriah lagi, peringatan 1 Suro itu dihadiri Bupati Blitar Rijanto, Kajari Blitar, Dandim 0808, serta jajaran Pejabat di Lingkup Pemkab Blitar yang membaur bersama masyarakat.

Tiba di bibir pantai, tumpeng itu ditaruh di depan Muspida dan warga. Setelah dibacakan doa, 3 tumpeng itu diangkat dan dinaikkan ke atas tiga perahu, untuk dibawa ke tengah laut (dilarung). Namun, dikarenakan ombak besar proses pelarutan menuju ke tengah sempat dilakukan beberapa kali, dan membutuhkan waktu 15-20 menit akhirnya sesaji berhasil dilarungkan ditengah laut.

Bupati Blitar Rijanto menuturkan, ritual 1 Suro itu tak hanya merupakan seremonial tahunan, yang harus dilestarikan namun juga sekaligus harus bisa dijadikan daya tarik wisatawan.