Sisa Kejayaan Sumber Mata Air Talang Abang di Masa Lalu

0
215
Embung Talang Abang
Embung Talang Abang

Info Blitar – Sebagian warga Karangrejo, Garum tentu tahu tentang cerita kejayaan sumber mata air Talang Abang yang pernah menjadi pemasok air untuk pabrik karet, cengkeh hingga kopi di Desa Karangrejo. Meskipun nggak semua pabrik bertahan, setidaknya masih ada pabrik karet yang hingga kini masih bertahan dan melakukan kegiatan produksi di Desa Karangrejo.

Solikin Kasi Kesejahteraan, menceritakan asal usul sumber mata air ini diberi nama Talang Abang kepada Info Blitar. Dulu, mata air dari sumber ini dialirkan ke pabrik-pabrik dengan pipa air berwarna merah untuk membedakan saluran air untuk pabrik dan masyarakat setempat. Sejak itulah sumber mata air ini disebut sumber mata air talang abang yang berarti talang merah.

Pembangunan Embung Talang Abang

Pada tahun 2019, kawasan sumber mata air Talang Abang seluas 2 ha ini dibangun sebuah embung yang akan digunakan sebagai penampung air sekaligus untuk irigasi sawah masyarakat sekitar. Selain itu, tidak menutup kemungkinan akan menjadi kawasan wisata yang rencananya akan terhubung dengan Embung Umbul.

Banyaknya pepohonan besar di sekitar embung membuat kawasan ini jauh lebih sejuk dibandingkan embung umbul. Oleh karena itu tidak heran jika banyak lumut yang tumbuh subur di permukaan embung. Kedalaman air di Embung Talang Abang ini sekitar 2,5 meter. Sehingga embung ini tidak cocok untuk digunakan berenang.

Ana Piara yang merupakan pendamping desa juga bercerita kalau rencana embung ini akan dikembangkan menjadi kawasan wisata edukasi.

Komentar
Dapatkan info terbaru seputar Blitar melalui Facebook , Instagram dan Aplikasi Android.