Menengok Embung Umbul di Karangrejo Garum

0
402
Embung Umbul Garum
Embung Umbul Garum

Info Blitar – Beberapa hari terakhir lini masa media sosial di Blitar cukup ramai dengan foto-foto Embung Umbul yang terletak di Dsn. Karangrejo, Ds. Karangrejo Kec. Garum, Kab. Blitar.

Kemarin (28/01), Kami ditemani Wahyu Kamituo Dsn. Karangrejo, Solikin Kasi Kesra Ds. Karangrejo dan Ana Piara selaku pendamping Desa Karangrejo menengok keadaan Embung Umbul yang dimanfaatkan masyarakat untuk piknik ketika akhir pekan, atau sekadar menghabiskan waktu luang di sore hari.

Cerita Tentang Embung Umbul

Embung Umbul ini dibangun dengan APBN dan selesai pada akhir tahun 2019 lalu. Tidak jauh dari embung umbul ini terdapat sebuah sumber mata air yang cukup besar dan digunakan oleh PDAM untuk menyuplai air di beberapa daerah di wilayah Blitar.

Saking besarnya sumber ini, dulu diyakini menjadi salah satu penyebab banjir di era kolonial. Sehingga pemerintah Belanda mendatangkan banyak truk yang mengangkut ijuk untuk menyumbat sumber mata air ini. Ini yang menyebabkan debit airnya bisa berkurang. Di kawasan ini juga yang menjadi hulu dari Sungai Abab.

Sumber Mata Air di Ds. Karangrejo,  Kec. Garum, Kab. Blitar
Sumber Mata Air di Ds. Karangrejo, Kec. Garum, Kab. Blitar

Bahkan Wahyu yang merupakan Kamituo di Dsn. Karangrejo menceritakan salah satu mitos tentang sumber mata air tersebut. Ada sebuah batu besar yang konon merupakan jelmaan dari kepala ular yang sedang bertapa, sedangkan ekornya menjulur sampai ke Gunung Kelud.

Bahkan saat pemasangan bronjong di sekitar sumber mata air, batu tersebut tidak diusik sama sekali dari tempat semula.

Pemanfaatan Embung Umbul

Embung Umbul ini dibangun untuk menampung air dari berbagai sumber mata air yang ada di wilayah Karangrejo, Blitar yang dapat dimanfaatkan untuk irigasi sawah masyarakat setempat.

Selain itu, belakangan embung ini juga menjadi destinasi wisata favorit masyarakat setempat yang ingin berenang. Namun disarankan untuk tetap membawa ban / pelampung untuk menjaga diri, mengingat kawasan ini bukanlah kawasan wisata. Meskipun begitu, memang ada rencana untuk membuat kawasan Embung Umbul ini menjadi sebuah destinasi wisata.

Setiap sore ada banyak masyarakat setempat yang mengunjungi Embung Umbul ini, namun pengunjung akan membludak ketika akhir pekan, jumlahnya bisa mencapai ratusan pengunjung. Padahal belum ada fasilitas apapun di Embung Umbul ini.

Komentar
Dapatkan info terbaru seputar Blitar melalui Facebook , Instagram dan Aplikasi Android.