Wajib Perhatikan Hal Ini Bila Menggunakan Masker Kain

0
681
Penggunaan masker kain. Dokumen istimewa

Info Blitar – Pemerintah Kabupaten Blitar menghimbau pada seluruh masyarakat untuk mengenakan masker ketika berkegiatan di luar rumah. Hal ini berdasarkan rekomendasi dari WHO. Bagi warga yang sehat, bisa memakai masker kain. Sementara masker medis digunakan khusus tenaga kesehatan dan orang yang sakit.

Selain itu, masker kain juga lebih ramah lingkungan dan reuseable atau bisa digunakan secara berulang. Namun, ada hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan masker kain.

Dilansir dari Minnesota Department of Health, penggunaan masker kain harus memerhatikan hal berikut.

  • Pastikan penggunaan masker menutupi daerah sekitar hidung dan mulut, dari pangkal hidung hingga ke dagu, dan memanjang ke pipi di luar sudut mulut, jadi tidak ada celah saat berbicara atau bergerak.
  • Gunakan masker kain yang punya double-layer kain dan pastikan masker tersebut dibuat dari bahan yang bisa dicuci.
  • Pemilihan kain juga harus mempertimbangkan tingkat minimal kerusakan karena suhu tinggi dan akibat pemutih.
  • Masker harus toleran terhadap jumlah kelembaban yang diharapkan dari pernapasan.
  • Bahan yang disarankan digunakan sebagai masker kain yakni kain katun untuk lapisan luar, dan lapisan dalamnya dari bahan microfleece yang berguna untuk menghilangkan kelembaban, dari lapisan kain katun bagian dalam.

Berbeda dengan masker medis yang digunakan sekali pakai, masker kain punya kelebihan yakni bisa digunakan kembali dengan syarat mencuci dengan benar. Teknik pencucian masker kain yang benar bisa menjadi kunci supaya penggunaan lebih efektif. Langkah perawatan dan cara mencuci masker kain yang benar adalah sebagai berikut:

  1. Cuci pakai air panas. Mencuci sesuatu menggunakan air panas sangat efektif membunuh kuman.
  2. Cuci masker kain dengan deterjen. Pencucian masker kain juga bisa dilakukan dengan menggunakan detergen sebagai bahan perontok virus atau kotoran dan tetap menggunakan air panas untuk tahap sterilisasi.
  3. Keringkan sepenuhnya saat panas. Proses pengeringan masker bisa menggunakan panas alami yang berasal dari sinar matahari.
  4. Setelah masker kain kering, barulah bisa digunakan kembali.
Komentar
Dapatkan info terbaru seputar Blitar melalui Facebook , Instagram dan Aplikasi Android.
Previous articlePasien Pertama COVID-19 di Kota Blitar Sembuh
Next articlePemadaman Listrik 8 April 2020 di Blitar