Bakul Kopi Menjawab Pertanyaan Warga Info Blitar

0
68

Minggu ini #InfoBlitarMenjawab diambil alih oleh bakul kopi, alasannya? Karena beberapa kali bikin question box di instagram, pertanyaan yang muncul seputar perkopian, nah kebetulan admin instagram Info Blitar merasa tidak kompeten menjawabnya, jadi kita minta tolong bolo kita yang memiliki sebuah kedai kopi di Blitar a.k.a Mas Haryo. Pertanyaannya lumayan beragam, mulai dari alasan maraknya bisnis kopi hingga rasio perbandingan ketika bikin kopi. Apa saja pertanyaannya? dan kira-kira bagaimana jawaban dari sang bakul kopi?

Komposisi untuk bikin kopi itu gimana? Perbandingan air, kopi dan gula seberapa?

Kita ambil perbandingan umum aja ni, 1:10 sampai 1:15, artinya 1 gram bubuk kopi dengan 10 gram air atau 15 gram air. Nah kalau gula, sesuai selera aja, kalau seneng manis tambahin gula, kalau ga seneng manis jangan dikasih gula. Fyi, kenapa untuk ukuran air ga pake mili? Soalnya di kedai kopi biasanya pakai timbangan digital, untuk memudahkan barista ketika menakar bahan dan komposisi. Nah, ukuran yang dipakai di timbangan itu biasanya pakai satuan gram.

Apa alasan menekuni bisnis kopi?

Alasannya karena sekarang bisnis kopi ini lagi trend, jadi kalau lagi trend orang berbondong-bondong membuka bisnis kopi. Yang kedua karena bisnis kalau lagi ramai, pasti bisa mengurangi pengangguran. Hal penting lainnya jika ingin menekuni bisnis kopi di Blitar adalah punya massa atau kenalan.

Apakah benar bakul kopi roastingnya ditambah jagung?

Sebenarnya tambahan jagung ini untuk mengurangi HPP. Karena harga kopi dan biaya produksinya lebih mahal. Jadi penambahan jagung ini biasanya dilakukan oleh orang jaman dahulu agar kopinya bisa dijual dengan harga lebih murah.

Kenapa kopi segelas bisa diminum berjam-jam ketika nongkrong?

Sebenernya bukan cuma menikmati kopinya, karena orang-orang ini lebih suka suasana ketika nongkrongnya. Tipsnya, pesen yang paling murah tapi bisa bikin lama nongkrong di kedai kopinya.

Rekomendasi kopi untuk orang yang ikut-ikutan aja dan ga pernah ngopi?

Untuk awal-awal bisa pesen kopi apapun, tapi kalau bisa pakai gula, atau kalau misal suka susu bisa pesen kopi susu dulu.

Kenapa suka kopi?

Susah dijelasin sih, bisa karena suka rasanya atau mungkin aromanya. Sama kaya orang yang suka coklat atau strawberry atau rasa lainnya. Lebih ke selera aja sebenernya.

Cara mencampur gula ke cappuccino atau latte gimana?

Caranya adalah minta ke barista atau penyeduh kopinya, bilang pakai gula langsung. Jadi barista tau, gulanya langsung dijadikan satu dengan kopi tanpa kamu harus bingung gimana cara untuk nyampurinnya.

Kenapa lebih banyak penikmat kopi susu dibanding kopi filter?

Karena sekarang ini kopi susu lagi trend, dan orang Indonesia lidahnya dimanjakan dengan kekayaan rasa. Jadi banyak orang suka manis, rasa-rasa legit kaya gitu tapi dominannya ke rasa manis dan gurih.

Untuk membuat shot espresso, berapa perbandingan kopi dengan air? Dan berapa suhu airnya?

Untuk membuat espresso, rata-rata tergantung dengan karakter kedai. Biasanya ada yang perbandingan 1:3, biasanya 10-13 gram bubuk kopi, airnya tinggal dikali 3. Suhu biasanya 92 atau 93 derajat celcius.

Kalau pingin lihat video obrolan tanya jawab ini sama Mas Haryo, bisa langsung cek disini: https://www.instagram.com/p/CLqPd6dFcxq/?utm_source=ig_web_copy_link

Ngobrol-ngobrol dengan bakul kopi, secara garis besar kalau ditanya soal kopi yang enak itu gimana, jawabannya pasti tergantung selera kita. Ya ga salah sih, karena beda lidah pasti beda selera. Jadi hari ini udah ada rencana ngopi kemana?

Komentar
Dapatkan info terbaru seputar Blitar melalui Facebook , Instagram dan Aplikasi Android.
Previous articlePerubahan Cuti Bersama 2021
Next articleCara Donor Plasma Konvalesen untuk Terapi Covid-19