Gerhana Matahari Cincin pada 26 Desember 2019

0
367
Ilustrasi gerhana matahari cincin oleh BMKG Indonesia
Ilustrasi gerhana matahari cincin oleh BMKG Indonesia

Info Blitar – Jangan lewatkan fenomena alam gerhana matahari cincin yang bisa disaksikan di seluruh wilayah Indonesia jika cuaca sedang cerah pada Kamis, 26 Desember 2019. Dilansir dari BMKG Indonesia, puncak gerhana matahari ini terjadi pukul 12.15 hingga 12.19 WIB.

Tempat terbaik untuk menyaksikan gerhana matahari cincin pada 26 Desember 2019 nanti di kampung Bunsur, Kabupaten Siak, Provinsi Riau.

Gerhana Matahari merupakan peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bulan sehingga tidak semuanya sampai ke Bumi. Fenomena ini diakibatkan dinamisnya pergerakan Matahari, Bumi, dan Bulan ini terjadi pada saat fase bulan baru.

Sedangkan Gerhana Bulan terjadi ketika terhalanginya cahaya Matahari oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan dan terjadi pada saat fase purnama. Baik Gerhana Matahari maupun Gerhana Bulan, peristiwanya dapat diprediksi dengan tingkat akurasi yang tinggi.

Gerhana Matahari Cincin terjadi ketika Matahari, Bulan, dan Bumi tepat segaris dan pada saat itu piringan Bulan yang teramati dari Bumi lebih kecil daripada piringan Matahari. Akibatnya, saat puncak gerhana, Matahari akan tampak seperti cincin, yaitu gelap di bagian tengahnya dan terang di bagian pinggirnya.

Komentar
Dapatkan info terbaru seputar Blitar melalui Facebook , Instagram dan Aplikasi Android.